31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

Ritual Larung Sesaji Kepala Kerbau jadi Keharusan, Panitia: ‘Kalau Tidak, Sugestinya Ada Korban’

BETANEWS.ID, PATI – Larung sesaji kepala kerbau sudah menjadi ritual yang tidak bisa ditinggalkan dalam gelaran Lomban Kupatan Sungai Tayu.

Sebagian masyarakat berkeyakinan, bahwa larung sesaji kepala kerbau menjadi salah satu ritual, agar masyarakat, khususnya masyarakat Tayu, Pati, diberikan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Ketua Panitia Lomban Kupatan Sungai Tayu Agus Mulyono menyebut, larung sesaji kepala kerbau itu sudah menjadi kepercayaan masyarakat zaman dulu hingga sekarang. Tradisi ini, katanya sangat diharapkan masyarakat, karena ada kesakralan.

Baca Juga: Larung Kepala Kerbau Warnai Pesta Lomban Kupatan Sungai Tayu

Untuk itu, ritual tersebut katanya harus ada ketika pesta Lomban Kupatan Sungai Tayu. Sebab, jika ditinggalkan, masyarakat memiliki sugesti ada balak atau bahaya yang akan menimpa masyarakat.

“Sugestinya itu, kalau tidak dilakukan larung sesaji kepala kerbau, maka ada korban. Ketika corona tidak ada larung sesaji, itu ada korban di sini,” ujar Agus, Jumat (19/4/2024).

Mendapati kejadian seperti itu, maka larung sesaji kepala kerbau tersebut kembali dilakukan pada saat Lomban Kupatan Sungai Tayu saat ini.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Sambiroto, Sulistiono. Ia mengatakan, bahwa ritual larung sesaji ini sudah ada sejak leluhurnya dulu.

“Ini meneruskan tradisi yang sudah ada sejak dulu. Yaitu ketika pada masa Belanda. Ketika itu tradisi Lomban Kupatan ini sudah digelar oleh Wedono,” ungkapnya.

Baca juga: Melihat Tradisi Seribu Ketupat di Desa Wonosekar Pati

-Advertisement-

Ia menyebut, sebelum kepala kerbau tersebut dilarung, terlebih dahulu dibacakan doa bersama bersama pejabat dan masyarakat.

“Kita berharap, masyarakat diberikan keberkahan, keselamatan, kesehatan dan rezeki yang lancar barokah,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER