31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Larung Kepala Kerbau Warnai Pesta Lomban Kupatan Sungai Tayu

BETANEWS.ID, PATI – Sebuah miniatur perahu yang berisi kepala kerbau dibawa menggunakan becak motor dari area Balai Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Pati. Kepala kerbau tersebut kemudian diarak menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tayu.

Di belakangnya, tampak barongan mengiringi kepala kerbau tersebut, yang disusul dengan ribuan peserta kirab. Ada pula kendaraan bak terbuka yang membawa ketupat dan lepet.

Baca Juga: Melihat Tradisi Seribu Ketupat di Desa Wonosekar Pati

-Advertisement-

Setelah sampai di TPI, miniatur perahu yang berisi kepala kerbau dan sesajen itu kemudian diturunkan beberapa orang.

Setelahnya, miniatur perahu itu diangkat menuju sungai, yang kemudian diletakkan di perahu, untuk kemudian dibawa menuju muara sungai untuk dilarung.

Prosesi ini merupakan bagian dari gelaran Lomban Kupatan Sungai Tayu pada Jumat (19/4/2024).

Sebelum larung kepala kerbau dilakukan, masyarakat Desa Sambiroto mengadakan manakib atau doa bersama yang digelar tadi malam.

Jumat paginya, sebelum melarung kepala kerbau, warga terlebih dahulu melarung kepala kambing di sekitar Jembatan Tayu. Setelah itu, siangnya disambung karnaval dan larung kepala kerbau di Sungai Tayu.

Total, ada 17 kelompok yang memeriahkan karnaval Lomban Sungai Tayu. Berbagai kesenian ditampilkan, mulai dari drum band, tarian hingga atraksi pencak silat.

Sulistiono, Kepala Desa Sambiroto mengatakan, larung kepala kerbau selalu diadakan saat Lomban Kupatan Sungai Tayu. Hal ini sudah menjadi tradisi sejak dulu kala.

“Ini meneruskan tradisi yang sudah ada sejak dulu. Yaitu ketika pada masa Belanda. Ketika itu tradisi Lomban Kupatan ini sudah digelar oleh Wedono,” ujarnya.

Baca Juga: Kupatan Bulusan di Jekulo Kudus Sedot Animo Warga

Ia menyebut, sebelum kepala kerbau tersebut dilarung, terlebih dahulu dibacakan doa bersama bersama pejabat dan masyarakat.

“Kita berharap, masyarakat diberikan keberkahan, keselamatan, kesehatan dan rezeki yang lancar barokah,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER