31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Kecewa dengan Pj Bupati Pati, Joni: ‘Kita Kayak Ndak Punya Bupati di Sini’

BETANEWS.ID, PATI – Kinerja Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro kembali mendapatkan kritikan keras dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati.

Kritikan keras itu, salah satunya terlontar dari Wakil Ketua I DPRD Pati Joni Kurnianto. Hal itu terucap saat Joni menemui perwakilan perangkat desa dalam audensi di gedung dewan, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Tiga Desa di Dukuhseti Belum Lengkapi Berkas Pencairan Siltap

Dalam audiensi tersebut, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro tidak datang. Begitupula dengan Sekda Pati Jumani.

Dari pihak eksekutif hanya diwakilkan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Tri Haryama dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati Sukardi.

Di hadapan puluhan perangkat desa dan perwakilan dari eksekutif, Joni mengaku kecewa dengan Pj Bupati Pati. Sebab, beberapa permasalahan yang terjadi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati beralasan Peraturan Bupati (Perbup) yang belum keluar lantaran belum mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Salah satunya ia menyebut, yakni tentang Perbup Minuman Beralkohol (Minol) dan Perbup tentang Alokasi Dana Desa yang mengatur kenaikan siltap perangkat desa.

Meskipun katanya Perbup sudah disahkan pada 2023 lalu, namun Perbup belum kelar hingga saat ini. Ia pun meminta perwakilan Pemkab menyampaikan kepada Pj Bupati Pati terkait hal ini.

”Sampaikan ke Pj dan Sekda. Kami kecewa sekali. Sudah beberapa bulan Perbup belum jadi. Ini lucu-lucu sekali. Kita kayak ndak punya Bupati di sini. Kita kecewa sekali. Kalau ndak ribut, ndak cair. Kebangetan ini. Kebangetan. Kok mentolo. Dari tahun ke tahun-tahun. Lucu ini,” ujar Joni.

Belum keluarnya Perbup tentang Alokasi Dana Desa ini berimbas terhadap Siltap perangkat desa di 401 desa di Kabupaten Pati belum cair hingga kini.

Baca Juga: PWI Pati Bersama KSH Bagikan Takjil ke Pengguna Jalan

Joni menyebut, selama menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Pati, baru kali ini Pemkab Pati tidak sigap dalam mengatasi permasalahan. Ia bahkan mengaku malu dengan masyarakat dan DPRD Provinsi Jawa Tengah.

”Tiga periode dewan, baru kali ini seperti ini. Saya malu kepada provinsi. Seolah dewan tak ada kerjanya,” kata Joni.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER