31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

Kapolda Jateng Imbau Pemudik Istirahat saat Lelah: ‘Manfaatkan Rest Area, Jangan Paksakan’

BETANEWS.ID, PATI – Jumlah pemudik yang masuk wilayah Jawa Tengah pada Lebaran 2024 ini diperkirakan naik hingga 198 juta pemudik. Hal itu disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat berkunjung ke Kabupaten Pati, Senin (8/4/2024).

Pada kesempatan itu, dirinya mengimbau kepada para pemudik untuk lebih berhati-hati, khususnya pengguna kendaraan roda dua. Hal ini mengingat jumlah kecelakaan pada masa Operasi Ketupat Candi tahun ini cukup tinggi.

“Puncak arus mudik terjadi Minggu (7/4/2024) kemarin. Jadi di pintu Tol Kalikangkung pada pukul 16.00 WIB rata-rata kendaraan yang masuk 4.200 per jamnya. Sedangkan jumlah kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah sebanyak 68.000 kendaraan,” ujarnya.

Baca juga: Sidak ke Jalan Tayu-Puncel, Kadishub Pati Dapati Banyak Truk Muatan Tambang Over Kapasitas

Kapolda  menyebut telah melakukan berbagai upaya, seperti penerapan one way lokal, serta mengoptimalkan pospam maupun check point yang ada untuk melayani pemudik. Menurutnya, hari ini kendaraan yang masuk mulai normal, rata–rata 3.000 kendaraan per jam.

Selain itu, katanya, implikasi dari pada one way ini adalah jalur aglomerasi, dari mulai Semarang Raya kemudian Pekalongan Raya, akan mempunyai implikasi terjadinya kepadatan.

Polda Jawa Tengah mencatat ada 93 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama 4 hari Operasi Ketupat Candi 2024. Selain luka ringan, kecelakaan yang terjadi juga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Disebutkan, dari total kejadian tersebut, 2 korban di antaranya meninggal dunia. Ini terjadi di Kabupaten Rembang dan wilayah Kota Semarang.

“Yang meninggal dunia 1 korban, kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Rembang antara bus dengan pemudik lokal. Dan seorang lagi korban tabrak lari di wilayah Poltabes Semarang, dan semalam pelakunya sudah kita tangkap. Manfaatkan cek poin atau rest area untuk beristirahat, jangan dipaksakan,” ungkapnya.

Baca juga: Rusak Parah, Perbaikan Jalan Dukuhseti – Puncel Akan Dimulai Mei Mendatang

-Advertisement-

Kenaikan jumlah pemudik di wilayah Jateng, kayanya cukup signifikan. Pada 2022 ada 87 juta pemudik, tahun 2023 ada 137 juta, dan tahun 2024 ini ada 198 juta pemudik.

Sedangkan terkait masalah kejahatan di jalanan, Polda Jawa Tengah telah menyebar reserse untuk bertindak cepat mengantisipasi kejahatan.

“Terutama menempatkan Tim Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Reskrim di wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kejahatan,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER