31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Jumlahnya Kurang, KPU Jepara Perpanjang Pendaftaran PPK di Dua Kecamatan

BETANEWS.ID, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara memperpanjang masa pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di dua kecamatan yaitu, Kecamatan Keling dan Karimunjawa sampai dengan tanggal 2 Mei 2024 mendatang.

Muhammadun, Komisioner KPU Kabupaten Jepara menjelaskan perpanjangan masa pendaftaran PPK di dua kecamatan tersebut dilakukan karena jumlah pendaftarnya kurang memenuhi kuota yang disyaratkan.

Baca Juga: Pemkab Jepara Lantik 1.098 PPPK; Tiga Orang Tidak jadi Mundur

-Advertisement-

Sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di setiap kecamatan jumlah pendaftar minimal harus dua kali dari kebutuhan.

Jika kebutuhan per kecamatan merupakan lima orang PPK, maka minimal per kecamatan harus terdapat sepuluh pendaftar. Sedangkan di Kecamatan Keling sampai dengan waktu terakhir pembukaan pendaftaran, yaitu 29 April 2024 hanya terdapat delapan pendaftar dan di Karimunjawa hanya sembilan.

“Tadi malam setelah kami rekap total pendaftar dari 16 Kecamatan ada 270 pendaftar. Namun sesuai regulasi jumlah pendaftar PPK minimal dua kali kebutuhan. Di dua kecamatan yaitu Keling dan Karimunjawa jumlah pendaftarnya kurang sehingga kami perpanjang di dua kecamatan itu selama tiga hari sampai tanggal 2 Mei,” jelasnya saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Jepara, Selasa (30/4/2024).

Adapun jumlah pendaftar di kecamatan lain yaitu Kecamatan Bangsri 15 orang, Batealit 16 orang, Donorojo 14 orang, Jepara 17 orang, Kalinyamatan 23 orang, Kedung 26 orang, Kembang 10 orang, Mayong 20 orang, Mlonggo 18 orang, Nalumsari 25 orang, Pakis Aji 16 orang, Pecangaan 25 orang, Tahunan 17 orang, dan Welahan 11 orang.

Jika nantinya sesuai dengan waktu perpanjangan yang sudah ditetapkan jumlah pendaftar di dua kecamatan tersebut tidak bertambah, maka akan tetap dilanjut ke tahap selanjutnya. Yaitu pengumuman hasil penelitian administrasi dan tes tertulis yang nantinya menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Baca Juga: Usai Kembalikan Formulir Penjaringan Cabup PDI-P, Dian Kristiandi Sambangi Kantor DPC PPP

“Tanggal 4-5 Mei nanti akan kita umumkan peserta yang lolos seleksi administrasi, kemudian di tanggal 6-8 Mei akan ada test tertulis yang kami nanti memilih metode CAT,” katanya.

Setelah seleksi tertulis akan ada tahapan selanjutnya yaitu tanggapan dan masukan dari masyarakat dan test wawancara. Hasil dari seluruh rangkaian tahapan tersebut nantinya akan diumumkan pada tangga 15 Mei dan di tanggal 16 Mei 2024 akan diadakan pelantikan bagi anggota PPK terpilih.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER