31 C
Kudus
Sabtu, April 13, 2024

Sudah Ada Penyerahan Simbolis dari Presiden, tapi Bantuan untuk Petani Pati Tak juga Cair

BETANEWS.ID, PATI – Pemerintah memberikan bantuan stimulan kepada petani gagal panen (puso) akibat bencana alam banjir. Bantuan ini dibagikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Di Jawa Tengah, Pati menjadi salah satu daerah yang petaninya mengalami puso akibat banjir. Secara simbolis, bantuan untuk petani gagal panen pada 2023 itu, telah diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak dua kali, yakni di Pekalongan pada 13 Desember 2023  dan Grobogan pada 23 Januari 2024.

Meski begitu, hingga kini, petani di Pati belum merasakan atau menerima bantuan stimulan dari pemerintah yang besarannya sebanyak Rp8 juta per hektare sawah.

Baca juga: Sawah Puso Hingga Rumah Ambruk di Dorang Jepara, Pemerintah Jamin Bantuan

Koordinator Kelompok Tani se-Kabupaten Pati, Marzuki, mengatakan, hingga kini belum ada satu pun petani yang bisa mencairkan bantuan tersebut.

“Belum ada, Mas, belum ada sama sekali. Sebelumnya sudah ada penyerahan simbolis oleh Pak Presiden di Pekalongan dan Grobogan. Tapi sampai sekarang tidak ada kejelasan,” ujar Marzuki, Rabu (20/3/2024).

Ia menyebut, ketika penyerahan secara simbolis, Presiden Jokowi mengatakan, bahwa bantuan untuk petani itu agar segera digunakan untuk modal tanam pada Musim Tanam (MT) I. Namun, hingga sekarang belum ada kejelasan terkait pencairan bantuan tersebut.

Secara administrasi, menurutnya, sudah tidak ada persoalan lagi. Sebab, dari pihak terkait sudah melakukan verifikasi mengenai data yang diajukan oleh kelompok tani.

Baca juga: Sempat Tak Ada Kejelasan, Bantuan Padi Puso di Kudus Akhirnya Cair, tapi untuk 150 Petani Saja 

“Kalau data sebenarnya sudah clear, tidak ada permasalahan. Awalnya kami dioyak-oyak soal data itu, dan itu semua sudah valid oleh dinas terkait. Tapi sampai sekarang tidak ada kejelasan informasinya,” ungkapnya.

Di Pati, ia menyebut ada sebanyak 171 kelompok tani yang seharusnya mendapatkan bantuan itu. Kelompok tani itu tersebar di 8 kecamatan, yakni Sukolilo, Kayen, Gabus, Pati, Wedarijaksa, Margorejo, Jakenan, dan Juwana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER