31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Dihantam Ombak dan Banjir, Pantai Teluk Awur Rusak Parah

BETANEWS.ID, JEPARA – Obyek Wisata Pantai Teluk Awur, yang berada di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara mengalami kerusakan akibat dihantam banjir dan terjangan ombak dari laut.

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (17/3/2024). Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sudjatmiko mengatakan beberapa titik yang mengalami kerusakan yaitu landmark Pantai Teluk Awur yang menjadi ikon foto di pantai tersebut.

Baca Juga: Banjir Dorang Jepara Tahun Ini Lebih Parah, 80 Warga Periksakan Kesehatan

Kemudian gapura pintu masuk, bangunan pendopo, serta 50 warung bambu milik warga juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa kondisi kerusakan tersebut sudah dilaporkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sebab berdirinya bangunan landmark tersebut merupakan bantuan dari KKP.

“KKP sudah mengetahui, tadi sudah dilakukan telekonferensi,” katanya pada Senin (18/3/2204) saat meninjau lokasi rusaknya obyek wisata pantai di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menurutnya juga akan memberikan bantuan untuk menangani kerusakan tersebut. Namun, bantuan tersebut disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Karena hancurnya obyek wisata ini, otomatis akan menggangu perekonomian masyarakat. Sementara objek wisata desa seperti ini juga menunjang sektor wisata kabupaten. Dari Disparbud nanti akan memberikan guidance dan bantuan sesuai kemampuan keuangan daerah,” katanya.

Camat Tahunan Nuril Abdillah mengatakan, objek wisata Pantai Telukawur merupakan salah satu unit usaha Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat.

Baca Juga: Banjir Jepara Meluas hingga Tujuh Desa, Warga Butuh Bantuan Logistik

Pihak Bumdes sedang melakukan pendataan kerugian akibat bencana tersebut. Namun setidaknya dibutuhkan 552 meter kubik tanah uruk untuk melakukan perbaikan.

“Sesuai hasil telekonferensi, tim KKP dalam waktu dekat akan ke Teluk Awur,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER