31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Disomasi Peserta Non-Rangking 1, Pelantikan Perades di Desa Kalirejo Kembali Tak Jelas 

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa peserta non-rangking 1 hasil tes seleksi perangkat desa di Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus melakukan audiensi dengan pemerintah desa di balai desa setempat, Sabtu (24/2/2024). Ini merupakan tindak lanjut pelayangan somasi untuk tak melantik perades terpilih. 

Salah satu peserta, Tri Susanto (29), mengatakan, desakan tak dilakukannya perlantikan karena masih ada proses hukum terkait hasil tes seleksi perades. Sehingga, ia dan rekan-rekannyameminta agar pelantikan perades menunggu hasil putusan Kasasi di Mahkamah Agung. 

“Saat ini proses hukum terkait persoalan hasil tes seleksi perades sudah masuk Kasasi. Kami meminta agar pelantikan perades Desa Kalirejo menunggu putusan Kasasi tersebut,” ujar Tri.

Baca juga: Sempat Terkatung-katung Setahun, Perangkat Desa Terpilih di Kudus Akhirnya Bisa Dilantik 

Kepala Desa Kalirejo, Agus Hariyanto, mengatakan, pihaknya memang belum menjadwalkan pelantikan perades, karena payung hukum pelantikan perades belum jelas. 

“Selain itu, ia juga mengaku dapat somasi dari peserta perades dari non-rangking 1. Somasi itu mendesak agar tak dilakukan pelantikan perades, karena masih ada proses hukum yang berjalan di tingkat Kasasi,” ujar Agus. 

Bagaiamanapun, lanjut Agus, mereka juga warga Desa Kalirejo, sehingga permintaan penundaan pelantikan perades, sementara ini diakomodir. Namun, ia juga berpesan apabila nanti ada dasar hukum kuat untuk dilaksanakan pelantikan, maka mereka harus legowo. 

Soal aturan proses hukum tak bisa menghentikan proses pengisian perades, Agus tak menjawabnya. Namun, terkait penggunaan anggaran desa untuk pelaksaan tes seleksi perades, ia berkaca pada 2019. Waktu itu, pihaknya juga menyelenggarakan tes seleksi perades, tapi karena peserta tak ada yang lolos passing grade, sehingga tak ada yang bisa dilantik.

Baca juga: Pj Bupati Kudus Hasan Chabibie Komitmen Selesaikan Masalah Pelantikan Perades 

“Nyatanya, kan, tidak dipersoalkan anggaran desanya. Dan, terkait penggunaan anggaran desa untuk pelaksanaan tes seleksi perades di Desa Kalirejo, kita siap mempertanggungjawabkannya,” bebernya. 

Diketahui, Desa Kalirejo jadi salah satu desa yang tak melakukan pelantikan perades. Ini berbeda dengan belasan desa lain yang sudah dan akan melantik perades terpilih. Mengingat, Pemkab Kudus sudah memberi lampu hijau pada desa untuk melantik sambil menunggu keputusan hukum. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER