31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Banyak Warga Kudus Akui Telah Terima Amplop, Ada Tim Capres Bagi Uang Rp 10 Ribu

BETANEWS.ID, KUDUS – Jelang hari pencoblosan pada Pemilu 2024 besok (14/2/2024), Sejumlah warga mengaku telah menerima amplop berisi uang. Jumlah uang yang diterima warga bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu Rupiah. Uang tersebut diakui warga diberikan oleh tim pemenangan, mulai dari calon legislatif (caleg), maupun calon presiden (capres).

Kpeada Betanews.id, warga Kudus yang enggan disebut namanya, namanya mengatakan, besaran uang yang diterima warga bervariasi, antara caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten, Caleg DPRD provinsi, DPR RI, maupun pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca juga: Janjikan Hadiah Mobil hingga Umrah, Satu Caleg di Kudus Diperiksa Bawaslu

“Nominal uang paling besar, dari caleg DPRD kabupaten antara Rp 70 ribu sampai Rp 100 ribu per suara. Caleg DPRD Provinsi dan DPR RI antara Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu per suara,” ujarnya kepada Betanews.id, Selasa (13/2/2024).

Uang tersebut, lanjutnya, untuk satu suara. Namun, ada juga yang menggunakan sistem pasangan antara caleg DPRD kabupaten, provinsi maupun DPR pusat. Sementara yang capres, katanya, ada salah satu pasangan calon yang membagikan uang.

“Ada tim pemenangan capres yang bagikan uang, nominalnya Rp 10 ribu,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan warga Kudus dari kecamatan yang berbeda. Kepada Betanews.id, warga yang enggan disebut namanya itu, mengatakan nominal politik uang untuk satu suara caleg DPRD Kudus berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Sementara untuk memilih anggota DPRD Provinsi nominalnya Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu. Yang untuk anggota DPR RI antara Rp 30 ribu, Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu. Sementara yang dari pasangan calon presiden, ia belum mengetahuinya.

“Warga menerima uang dari caleg itu kan sebagai ganti kuli. Sebab, datang ke TPS memberikan suaranya kan meninggalkan pekerjaannya, apalagi saat ini semua kebutuhan juga naik,” bebernya.

Baca juga: KPU Kudus Musnahkan 15.341 Lembar Surat Suara, Ada Apa? 

Ketua Bawaslu Kudus, Wahibul Minan mengaku tidak mengetahui perihal pembagian amplop dari tim sukses menjelang pemilu. Dia meminta apabila ada oknum tim sukses caleg ataupun capres yang membagikan amplop kepada warga diminta untuk melaporkannya.

“Belum ada temuan terkait pembagian uang. Laporan juga belum ada. Jika masyarakat mengetahui ada caleg atau tim sukses capres agar melapor. Akan kami tindak lanjuti,” imbaunya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER