31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

SMK Muhammadiyah Gelar Olimpiade MIPA SMP/MTs Tingkat Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31, SMK Muhammadiyah Kudus menyelenggarakan olimpiade matematika dan IPA (MIPA) tingkat SMP sederajat.

Kepala SMK Muhammadiyah Kudus, Purwanta Agung, mengatakan, olimpiade MIPA ini untuk menguatkan kembali pelajaran yang ada di SMP sederajat. Tujuannya, agar pelajaran yang ada di sekolah makin berkualitas.

“Terutama terkait dengan lomba-lomba olimpiade. Khususnya untuk mata pelajaran matematika dan IPA,” ujar Purwanta di sela-sela pelaksanaan lomba, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga: Tiru Jokowi, Pj Bupati Kudus Bagikan Sepeda pada Anak-Anak yang Mau Sekolah Lagi

Menurut Purwanta, kedua pelajaran tersebut dipilih karena menjadi dasar pengetahuan, termasuk teknologi. Apalagi, SMK Muhammadiyah Kudus adalah sekolah dengan basic teknologi.

“Oleh karenanya, lomba kita kuatkan pada mata pelajaran yang jadi dasar-dasar teknologi, yakni matematika dan IPA,” jelasnya.

Olimpiade matematika dan IPA ini diikuti 250 siswa dari 35 SMP atau MTs di Kudus dan sekitarnya. Sementara yang lolos ke final ada 60 siswa.

“Final olimpiade matematika dan IPA diselenggarakan di SMK Muhammadiyah Kudus. Total yang lolos ke final ada 60 siswa, terdiri dari 30 dari matematikan dan 30 lainnya dari IPA,” bebernya.

Baca juga: Keren! SMK Bhakti Kudus Bisa Ubah Motor Bensin jadi Listrik, Segini Biayanya

Purwanta mengatakan, pemenang lomba akan dikirim ke kompetisi tingkat nasional yaitu Olimpiade Ahmad Dahlan yang akan dilaksankan di Bandung, 6 Maret 2024.

“Olimpiade Ahmad Dahlan tingkatnya sudah nasional. Selain itu, olimpiade ini untuk menyiapkan kader-kader ketika nanti melanjutkan ke SMK Muhammadiyah Kudus. Sehingga, nanti kita punya kader untuk kita siapkan untuk lomba-lomba di tingkat nasional,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER