31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Situs Mbah Kope Simpan Jejak Peradaban Hindu di Demak

BETANEWS.ID, DEMAK – Desa Pidodo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, mempunyai benda bersejarah era peradaban Hindu Budha yang terletak di tengah area makam milik warga. Benda tersebut merupakan Arca Dewi Durga, yang tersimpan di dalam bangunan rumah kecil dan dikenal masyarakat sebagai Situs Mbah Kopek.

Menurut Sanuar, Kaur Perencanaan Desa Pidodo, situs tersebut dulunya ditemukan masyarakat berada di aliran irigasi sawah. Kemudian di pindahkan di area makam dan dibangunkan rumah kecil oleh seorang donatur.

Baca Juga: Dari Kerja Lipat Surat Suara Pemilu 2024, Haryono Bisa Bawa Pulang Rp150-250 Ribu Sehari

“Nenek moyang kami, menemukan sebuah arca itu akhirnya di bawa ke makam yang berada di bawah pohon asem,” katanya, Sabtu (13/1/2024).

Sanuar mengatakan, keberadaan Arca Dewi Durga oleh kalangan masyarakat hanya dianggap sebuah batu biasa. Meskipun begitu, mereka menilai benda tersebut perlu dijaga karena masuk dalam objek cagar budaya.

“Iya tetap kita uri-uri dan pelihara, kita melindungi dari untuk penemuan para leluhur, ” ujarnya.

Analis Cagar Budaya dan Koleksi Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Demak, Roni Sulfa Ali menerangkan bahwa Situs Mbah Kopek memiliki kaitan dengan Situs Dudukan di Desa Blerong, Kecamatan Guntur. Ia menyebut, benda tersebut sudah ada sekitar abad ke-5 sampai dengan ke-8 Masehi.

“Situs Mbah Kopek ini lokasinya tidak jauh dari Situs Dudukan. Nah perkiraan masih sezaman,” terangnya.

Dari hasil pengamatannya, selain Arca Dewi Durga di sana juga terdapat beberapa benda Hindu lainnya. Yakni, sebuah yoni dan pecahan batu yang diduga bagian dari bangunan candi.

“Dugaan kami Dewi Durga, dilihat dari hiasannya kemudian dari ornamen dan juga seperti memiliki sebuah lembu atau nandi. Kemudian ada yoni, walaupun sudah ada bekas kerusakan dan ada pecahan yang kemungkinan besar kemuncak candi atau bagian candi yang tidak utuh,” jelasnya.

Baca Juga: Ratusan Surat Suara Pilpres Ditemukan Rusak di Demak

Roni mengaku, saat ini Situs Mbah Kopek memang belum ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Akan tetapi, keberadaannya dianggap sebagai objek diduga cagar budaya (ODCB) yang perlu dilindungi.

“Jadi memang kita tidak bisa serta merta menyatakan sebuah benda dan bangunan, sebagai cagar budaya. Namun (status ODCB) untuk memudahkan dan juga melindungi benda tersebut,” paparnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER