31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Pemkab Akan Jual Aset Daerah Jika Bank Jepara Artha Tak Mampu Kembalikan Dana Nasabah

BETANEWS.ID, JEPARA – Ketua Tim Penyehatan Bank Jepara Artha, Hery Yulianto, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akan menjual beberapa aset milik daerah jika Bank Jepara Artha (BJA) tak mampu mengembalikan dana simpanan milik nasabah.

Sebab kondisi saat ini, penarikan dana nasabah di Bank Jepara Artha terjadi semakin masif. Bahkan antrean penarikan dana sudah sampai Februari mendatang.

“Kemungkian kita akan jual beberapa aset ya, jika uangnya semakin lama semakin tipis dan tidak bisa untuk mengembalikan dana nasabah,” katanya di Kantor Setda Jepara. Selasa (2/1/2024).

Baca juga: Selamatkan Bank Jepara Artha, Debitur Diminta Segera Kembalikan Dana Kredit

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa beberapa aset yang dimungkinkan untuk dijual yaitu mobil dinas. Namun, ia sendiri belum dapat merinci berapa unit kendaraan yang bisa untuk dijual, meskipun opsi tersebut merupakan upaya terakhir. Sedangkan upaya yang saat ini tengah dilakukan yaitu dengan membujuk 35 debitur yang mengajukan pinjaman kepada BJA agar segera mengembalikan dana kredit.

“Beberapa debitur sudah ada yang mengembalikan, tetapi masih kecil, masih jauh dari harapan,” katanya.

Sebab sebelumnya, 35 debitur tersebut merupakan hasil temuan dari Otoritas Jasa Keungan (OJK) karena agunannya bermasalah, sehingga dari OJK memberi waktu kepada BJA untuk menyelesaikannya sampai Februari mendatang.

Baca juga: DPRD Jepara Minta Pemkab dan BPR Jepara Artha Beri Jaminan Uang Nasabah Tak Hilang

Namun di tengah kondisi yang terjadi saat ini, OJK yang menurutnya semula meminta untuk menyelesaikan 80 bidang agunan bermasalah tersebut, kini meminta BJA untuk fokus pada pengembalian dana kredit dari 35 debitur.

Dana pengembalian kredit dari debitur tersebut nantinya juga akan digunakan untuk mengembalikan dana simpanan dari nasabah.

“Ketika debitur mengembalikan dana kredit nanti kan ada fresh money yang masuk, sehingga harapannya itu menjadi salah satu upaya untuk memulihkan Bank Jepara Artha,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER