31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

KPU Jepara Akan Lakukan Sortir dan Lipat Surat Suara Mulai Besok

BETANEWS.ID, JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara akan melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara pada Kamis-Senin (4-14/1/2024). Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jepara, Muhammadun, menjelaskan, nantinya KPU akan melibatkan 180 pekerja lepas yang dibagi ke dalam empat gudang penyimpanan logistik.

Adapun lokasi gudang tersebut berada di Desa Mulyoharjo, Kecamatan/Kabupaten Jepara dengan 50 orang pekerja, dua gudang di Desa Langon, Kecamatan Tahunan masing-masing 50 orang pekerja, dan gudang yang berada di Kantor KPU Jepara akan ada 30 orang pekerja.

“Untuk logistik saat ini fokus kami sudah pada pelipatan dan penyortiran surat suara yang akan mulai dilakukan besok, sampai sepuluh hari ke depan,” katanya di Kantor KPU Jepara, Rabu (3/1/2024).

Baca juga: Momen Ganjar Belajar Ngukir di Sentra Ukir Gebyok di Blimbingrejo Jepara

Ia menjelaskan, para pekerja tersebut nantinya akan bekerja dengan sistem borongan, di mana upah yang mereka terima sesuai dengan jumlah surat suara yang dikerjakan. Namun, ia belum menyebutkan secara pasti berapa jumlah nominal yang akan diterima oleh masing-masing pekerja per surat suara.

“Yang jelas antara surat suara Presiden dan Wakil Presiden dengan surat suara DPR nanti nominalnya berbeda karena kerumitannya juga berbeda,” jelasnya.

Adapun seluruh logistik untuk pelaksanaan pemilu 2024, menurutnya, sudah diterima oleh KPU Jepara. Logistik itu mulai dari tinta, bilik suara, kotak suara, Alat Tulis Kantor (ATK) di TPS, alat dan alas coblos, tanda pengenal, label identitas kotak suara, segel plastik, segel kertas, sampul, stiker nomor surat suara, dan surat suara.

“Kemarin kekurangan surat suara presiden dan wakil presiden serta DPD juga sudah tiba pada 1 Januari kemarin,” jelasnya.

Baca juga: Dijanjikan Mudah Dapat Pupuk Subsidi, 1.500 Petani di Kudus Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Sedangkan untuk pendistribusian logistik, menurutnya, akan mulai dilakukan sepekan menjelang pelaksanaan Pemilu. Dalam pendistribusian tersebut, nantinya juga akan diprioritaskan pada lokasi yang memiliki tingkat kerawanan tinggi.

“Seperti di Karimunjawa karena jalurnya lewat laut, kemudian di daerah dataran tinggi seperti Desa Tempur, itu nanti akan kita prioritaskan,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER