31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Imunisasi Polio di Kudus Sasar 93.781 Anak Usia 0-7 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, M Hasan Chabibie membuka Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara simbolis di Kelurahan Purwosari, Kecamatan/Kabupaten Kudus, Senin (15/1/2023). Gerakan imunisasi nasional ini menyasar 93.781 anak usia 0-7 tahun di Kota Kretek.

Hasan mengatakan, imunisasi polio menjadi ikhtiar pemerintah untuk menyelamatkan generasi emas Indonesia dari virus Polio yang sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen, bahkan sampai pada kematian. Untuk itu, dia berharap capaian imunisasi Polio di Kudus dapat terlampaui.

“Ini sebagai upaya perlindungan untuk anak-anak kita. Jangan sampai ada anak di Kudus yang tidak mendapatkan imunisasi Polio,” imbaunya.

Baca juga: Hanya Silpa Rp21 M, Serapan Dana Cukai Kudus Tahun 2023 Disebut Cetak Rekor

Untuk itu, pihaknya meminta pada seluruh petugas kesehatan yang ada di Kabupaten Kudus, mulai dari RSUD, Puskesmas, Posyandu, Polindes, Pustu, dan pos pelayanan imunisasi lainnya agar dapat melaksanakan program ini secara baik dengan membangun sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak terkait.

“Bangun sinergi dan kolaborasi yang baik dengan pihak terkait. Berikan sosialisasi pada masyarakat agar turut bersinergi mengambil bagian dalam kegiatan Sub PIN Polio ini,” pesannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Andini Aridewi, menyebut, latar belakang diselenggarakannya Pencanangan Sub PIN Polio adalah untuk mencegah terjadinya kasus Acute Flaccid Paralysis (AFP) atau lumpuh layu yang positif terkonfirmasi Polio VDPV2 di Kabupaten Kudus akibat beberapa daerah lain telah positif terkonfirmasi virus tersebut.

“Di Kota Klaten dan Kabupaten Pamekasan masyarakatnya sebagian sudah terkonfirmasi virus ini. Sementara di Kabupaten Bangkalan sampel lingkungannya yang terkonfirmasi,” sebutnya.

Untuk itu, Pencanangan Sub PIN Polio di Kudus dilakukan dengan tujuan mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya untuk memberikan kekebalan tubuh pada anak usia usai 0-7 tahun terhadap virus Polio, untuk mencegah agar kejadian luar biasa Polio tidak semakin meluas, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kekebalan komunitas dengan harapan target cakupan sekurangnya 95 persen untuk masih-masing tahapan dan putaran dapat terwujud, serta untuk mewujudkan eradikasi atau dunia bebas polio tahun 2026.

Baca juga: Wow! Pemasukan Bea Cukai Kudus di 2023 Capai Rp40,2 Triliun

“Sasaran Sub PIN Polio anak yang ada di Kabupaten Kudus mulai usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari Kudus sejumlah 93.781 anak. Rinciannya meliputi, usia 0-59 bulan sebanyak 46.013 anak, usia 5-kurang dari 7 tahun sebanyak 30.222, dan usia 7 tahun sebanyak 582 anak,” terangnya.

Pihaknya menambahkan, jenis vaksin yang diberikan adalah Novel Oral Poliomyelitis Vaccine (nOPV2) dalam dosis 2 tetes per anak. Ditambahkannya, Dinas Kesehatan juga telah mempersiapkan untuk kasus immunodeficiency dengan memberikan vaksin IPV.

“Waktu pelaksanaan terbagi 2 putaran dengan jarak waktu 1 bulan, yakni putaran I dilaksanakan tanggal 15-21 Januari 2024 dan putaran II dilaksanakan tanggal 19-25 Februari 2024. Sementara tempat pelaksanaan ada di Puskesmas, Posyandu, dan di sekolah,” tutupnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER