31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Harga Beras Melejit, Pedagang Pasar Bintoro Demak Menjerit

BETANEWS.ID, DEMAK – Harga beras di Demak terus mengalami kenaikan. Melambungnya harga mulai dirasakan pedagang sejak awal tahun 2024.

Seorang pedagang beras Pasar Bintoro Jalan Petengan Selatan, Bintoro, Kabupaten Demak, Sri Puji Utami, mengatakan dari bulan Juni 2023 beras mengalami kenaikan dan tidak kunjung turun hingga sekarang. Bahkan, sejak awal bulan Januari ini beras menginjak angka Rp14,5 ribu sampai dengan Rp18 ribu per kilogram.

Baca Juga: Seminggu Pencarian, Nelayan Hilang di Demak Belum Ditemukan

“Eceran Rp14,5 ribu (per kilogram) kalau 5 kiloan masih tak jual Rp70 ribu tapi yang di atasnya (premium) Rp73 ribu. Yang premium itu hampir Rp80 ribu satu plastiknya 5 kiloan, per kilo Rp16 ribu yang mentik wangi udah Rp17 ribu,” katanya, Rabu (24/1/2024).

Menurut Sri kenaikan harga beras terus merangkak Rp1 ribu setiap bulannya. Hal itu menyesuaikan patokan harga dari penggiling, karena harga gabah yang tinggi mencapai Rp8 ribu per kilogram.

“Selisihnya Rp1 ribu naiknya. Dulunya kan Rp75 ribu pas Desember yang premium sekarang Rp80 ribu,” imbuhnya.

Akibat naiknya harga beras, Sri tidak berani menjual beras dengan stok yang banyak. Ia yang biasanya bisa menyediakan beras hingga 1 ton, sekarang hanya seperempatnya saja atau sekitar 250 kilogram.

“Ambilnya dari selepan lokal, kalau premium setoran dari pabrik ada salesnya. Biasanya satu minggu sekali (stor), gak berani ambil banyak yang belanja jarang kalau tidak bakul nasi,” tegangnya.

“Mengurangi stok, biasanya di sini (beras) tumpukan semuanya terus ada ketan sekarang lihat sendiri kosong-kosong,” imbuhnya.

Baca Juga: Ombak Tinggi dan Peralatan Terbatas, Pencarian Nelayan Demak Dihentikan

Meskipun harga beras terus naik tidak mempengaruhi hasil penjualannya. Sri mengaku, pelanggannya sempat mengeluh dengan keadaan itu namun masih membeli beras darinya.

“Semua orang sudah tahu, mengalir gak ada yang komplain sudah pasrah, nyatanya masih pada beli jadinya sudah biasa. Paling ya ngomong ‘kok naik terus’ tapi ya tetap dibeli,” paparnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER