31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Bawaslu Demak Sebut Surat Suara yang Rusak Bisa Disortir Ulang

BETANEWS.ID, DEMAK – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Demak melakukan pengawasan hari pertama sortir dan lipat surat suara DPR RI, yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di aula IPHI Jogoloyo, pada Kamis- Minggu (4-7 Desember 2024). Hasil dari pengawasan tersebut, terdapat poin catatan evaluasi yang diberikan kepada KPU Demak.

Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Demak, Wiwit Puspitasari mengatakan dari hasil pantauan di lapangan KPU melaporkan 5.566 lembar surat suara rusak, kerusakannya seperti robek dan terkena bercak tinta, sehingga tidak bisa digunakan untuk Pemilu 2024.

Baca Juga: Menilik Rumah Rasa Museum Koleksi Peninggalan Sunan Kalijaga

“Kadang-kadang kan kertas kalau dilipat terlalu lama sobek dengan sendirinya kan begitu, atau noda-noda percetakan itu wajar menurut kami tapi ada batasan-batasan toleransi, ” katanya saat ditemui di kantor Bawaslu Demak, Senin (8/1/2024).

Meskipun begitu, ia menyebut surat suara yang rusak karena terkena tinta bisa disortir ulang oleh internal KPU. Hal itu untuk memastikan hasil sortir yang dilakukan oleh tim petugas.

“Saya kira juga tidak banyak. Karena yang disortir ulang itu benar-benar layak. Misal noda-noda yang tidak terlalu besar, kan seperti titik itu kan sebenarnya itu masih bisa dipakai tidak apa-apa,” terangnya.

Selain itu, Wiwit menilai menejemen sortir dan lipat oleh tim petugas tahun ini lebih baik daripada sebelumnya. Sehingga mengurangi kerawanan kerusakan pada logistik Pemilu 2024.

“KPU Demak untuk tahun ini kami kira itu lebih bagus dan lebih tertata daripada tahun-tahun sebelumya, karena memang memiliki target untuk pelipatan dan sortir surat itu sehari tidak lebih dari 10 kardus, artinya itu tidak terlalu berlebihan atau ngoyo, ” ujarnya.

Kemudian, keterlibatan PPK dalam proses sortir dan lipat juga membantu Bawaslu Demak dalam pengawasan. Sehingga mencegah terjadinya kesalahan dalam sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024.

Baca Juga: KPU Demak Bakal Diskualifikasi Parpol yang Tidak Lapor Dana Kampanye

“Upaya KPU untuk melibatkan PPK dalam proses pengawasan itu perlu kita apresiasi, karena memang kalau hanya mengandalkan SDM dari KPU itu kami pikir malah kurang, karena konsentrasinya terpecah, sehingga dengan melibatkan PPK untuk menjadi kelompok pengawas itu akan memperkecil kemungkinan pelanggaran-pelanggaran pekerja yang ada di gudang,” paparnya.

Dihubungi secara terpisah, Ketua KPU Demak Siti Ulfaati membenarkan mengenai jumlah surat suara DPR RI yang rusak mencapai 5.566 lembar. Akan tetapi, dari temuan tersebut dari pihaknya tidak akan ada sortir ulang, namun akan mengajukan ganti oleh perusahaan penyedia surat suara.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER