31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Pelipatan Surat Suara Pemilu di Demak Dilakukan Januari 2024

BETANEWS.ID, DEMAK – Belum tibanya surat suara logistik pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Demak menjadi sebab molornya proses pelipatan. Meskipun begitu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak memperkirakan baru akan dilaksanakan pada bulan Januari mendatang.

Ketua KPU Demak, Siti Ulfaati mengatakan, informasi pendistribusian surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten baru dilakukan pada tanggal 28-29 Desember 2023. Kemudian tanggal 14 Januari pengiriman surat suara DPD dan presiden.

Baca Juga: Ganti Slambu Makam, Puncak Acara Haul Sultan Fatah Demak

Ia menyebut, pelaksanaan pelipatan surat suara Pemilu 2024 baru bisa dilakukan pada akhir bulan Januari di kantor IPHI Jogoloyo Demak.

“Informasinya kan tanggal 28 Desember sudah ada yang datang ke kita. Tapi kami juga harus berhitung apakah Januari bisa dibayarkan atau tidak, biasanya minggu kedua Januari itu baru bisa aktif anggaran, makanya masih kami komunikasikan, ” katanya, Senin (25/12/2023).

Rencananya, pelipatan surat suara Pemilu 2024 dilakukan 560 tenaga teknis. Adapun pembagiannya terdiri dari 80 tim dengan masing-masing tim diisi 7 orang. Proses itu diperkirakan menghabiskan waktu selama tiga hari.

“Kalau kita estimasi satu surat suara itu dua sampai tiga hari. Kalau lima surat suara ya estimasi kami dua minggu itu selesai. Tapi sekali lagi surat suara itu datang tidak berbarengan,” terangnya.

Baca Juga: Antisipasi Bencana saat Pemilu, KPU Demak Lakukan Simulasi Pencoblosan di Wilayah Rob

Sementara perakitan kotak suara dilakukan pada masing-masing dapil. Ulfa mengatakan, saat ini KPU Demak telah memindahkan logistik Pemilu dari gudang utama menuju dapil pada 22 Desember lalu.

“Merakit kotak suara ini kan membutuhkan tempat yang banyak, jadi diambil, dirakit, dikasih plastik, ditumpuk, nah itu kan membutuhkan ruang yang luas,” paparnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER