31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Bergas Ngaku Galau saat Lulus SMA, Pernah Ingin Jadi Sopir Taxi Jika Tak Lanjut Kuliah

BETANEWS.ID, KUDUS – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan meminta Guru bimbingan konseling (BK) membimbing siswa kelas XII memilih perguruan tinggi sesuai minat dan bakat. Menurutnya, guru BK adalah pengganti orang tua di sekolah yang bisa memotivasi siswa melanjutkan studi yang tepat.

“Mengarahkan siswa untuk memilih perguruan tinggi yang tepat itu tidak mudah. Guru BK yang mengamati bakat dan minat siswa di sekolah punya peran penting membimbing siswa,” ucapnya usai membuka Expo Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja ke-IX Tahun 2023 di Gedung JHK, Selasa (12/12/2023).

Pj Bupati Kudus membuka Expo Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja ke-IX Tahun 2023 di Gedung JHK, Selasa (12/12/2023). Foto: Ist

Bergas menuturkan, siswa kelas XII kebanyakan galau untuk melanjutkan studi. Pengalaman ini sudah dialami Bergas saat sekolah dulu dan yang dialami anak-anaknya. Bahkan, Pj Bupati bercerita pernah mempertimbangkan jadi sopir taxi apabila tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, arahan orang tua, guru, dan sahabat itu penting.

Baca juga: Siswa SMP Kanisius Kudus Kecam Laku Korupsi dengan Bikin Antologi Puisi

“Dukungan orang tua, guru, dan sahabat penting terutama untuk mendukung bakat dan minat,” terangnya.

Pameran perguruan tinggi dan dunia kerja, menurut Bergas, jadi solusi bagi siswa yang bingung memilih studi lanjutan. Para siswa dapat langsung bertanya, dan mendapat gambaran beserta biaya yang harus disiapkan. Pj Bupati meminta siswa bertanya dengan detail, termasuk informasi beasiswa yang ada.

“Pameran seperti ini mantap. Tak perlu datang ke Solo, Yogyakarta, atau Semarang untuk cari informasi valid. Semua infonya bisa didapatkan di sini, termasuk gambaran dari kacamata mahasiswa,” imbuhnya.

Baca juga: Pj Bupati Kudus Ingin Lebih Banyak Lagi Guru Penggerak di Tingkat SD dan SMP

Bergas juga memotivasi siswa yang langsung bekerja. Pihaknya menuturkan siswa bebas memilih, yang penting bisa berdaya dan mandiri. Meskipun begitu, Bergas meminta siswa terus belajar agar dapat menghadapi berbagai tantangan.

“Sampai sekarang pun saya masih belajar. Sebab tantangan yang dihadapi makin beragam. Jadi saya harap bagi yang langsung bekerja, suatu saat dapat melanjutkan studinya,” paparnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER