31 C
Kudus
Jumat, Juni 21, 2024

Meski Harga Cabai Melonjak, Owner Ayam Geprek Abah Gaul Enggan Naikkan Harga

BETANEWS.ID, KUDUS – Harga cabai yang melonjak drastis di berbagai daerah termasuk Kabupaten Kudus membuat pelaku usaha kuliner kelimpungan. Bahkan, ada yang terpaksa menaikkan harga makanan yang dijual.

Salah satu pelaku usaha, Ahmad Ridwan, mengaku sudah terimbas sejak pertengahan Oktober 2023. Apalagi, usaha Ayam Geprek Abah Gaul miliknya sangat bergantung dengan cabai.

“Meski begitu, saya dari awal sudah berkomitmen untuk tidak menaikan harga di kala bahan baku seperti cabai ini naik. Untung rugi akan saya terima, yang terpenting itu barang aman. Supaya setiap hari usaha bisa berjalan dengan baik,” beber Ridwan di outlet yang berlokasi di Jalan Kampus UMK, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Selasa (7/11/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Harga Cabai Setan di Pasar Bitingan Makin Mencekik, Capai Rp75 Ribu Sekilo

Ia mengaku, saat ini komoditas cabai dengan harga mahal itu, malah kualitasnya tidak seperti biasa. Menurutnya, kondisi cabai saat ini agak keriput, ukuran kecil, dan warna juga tidak seperti biasanya.

“Karena harga mahal, jadi kemungkinan belum matang sudah diambil. Kemungkinan petani itu juga ingin mengejar harga yang sedang tinggi ini, sehingga kualitas barang jadi tidak sebagus biasanya,” ungkapnya.

Biasanya, kata Ridwan, ia menggunakan cabai setan dan cabai hijau keriting Bandungan sebagai bahan untuk usaha gepreknya. Saat ini, untuk harga cabai setan mencapai Rp85 ribu dari harga normalnya Rp22-30 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga cabai hijau keriting Bandungan harga normal Rp35 ribu jadi Rp43 ribu.

“Harapannya harga bisa stabil dan barang aman di pasaran. Sebab, kalau tidak ada bahan baku, jadi tidak bisa berjualan,” harapnya.

Namun, hal berbeda dilakukan Ahmad Bayu Sagara. Owner Tahu Sayur Mas Bayu itu mengaku terpaksa menaikkan harga karena sudah tak bisa berkompromi dengan harga cabai.

Baca juga: Bergas Tepis Tingginya Angka Stunting di Kudus Karena Banyaknya Ibu yang Bekerja

“Imbasnya itu sejak awal bulan kemarin sudah mulai. Kalau saya menggunakan cabai setan khusus untuk tahu sayur varian mercon. Sehingga harga saat ini jadi naik. Bahak baku atau cabai setan yang biasa Rp25 ribu, saat ini menjadi Rp90 ribu per kilogramnya,” tuturnya.

Menurutnya, harga tahu sayur varian mercon yang normal dijual Rp19 ribu per pak dengan isi 10 biji, kini ia patok seharga Rp25 ribu per pak.

Alhamdulillah tidak ada komplainan pelanggan. Karena mungkin mereka juga tahu harga cabai saat ini naikan melonjak drastis,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER