31 C
Kudus
Jumat, Desember 1, 2023

Hingga Agustus, Tingkat Kunjungan Museum Patiayam Capai 14.760 Orang

BETANEWS.ID, KUDUS – Museum Situs Purbakala Patiayam yang berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, kini hampir melampaui tingkat kunjungan dari tahun sebelumnya. Hingga Agustus 2023, jumlah pengunjung sudah mencapai 14.760 orang. Sedangkan pada 2022, jumlah pengunjungya ada 16.515 orang.

“Kalau jumlah kunjungan wisatawan di Museum Situs Purbakala Patiayam termasuk sudah meningkat. Sebab sampai Agustus 2023 ini, sudah ada jumlah kunjungan sebanyak itu,” kata Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Sudarman, usai kegiatan Museum Keliling yang digelar di SMPN 1 Jati, Kamis (2/10/2023).

Program Museum Keliling di SMPN 1 Jati, Kamis (2/11/2023). Foto: Kaerul Umam

Ia menjelaskan, saat ini untuk Museum Situs Purbakala Patiayam belum ada target pendapatan asli daerah (PAD) untuk Kudus, lantaran memang belum ada pembahasan dan dirapatkan dengan pihak DPRD Kudus. Sehingga, saat ini objek wisata itu belum dikenakan biaya masuk.

Baca juga: Pengawas SMP Ingin Museum di Kudus Jadi Objek Wisata yang Menyenangkan

“Jadi untuk target di Museum Situs Purbakala Patiayam sampai saat ini belum ada target. Biasanya kalau target kunjungan itu mengacu pada target (PAD) yang sudah ditetapkan. Saat ini masuk di sana masih gratis,” ungkapnya.

Ia menuturkan, Museum Situs Purbakala Patiayam merupakan museum yang menyimpan koleksi purba dari berbagai fauna dan lingkungan. Menurutnya, Pegunungan Patiayam ada tiga lingkungan yakni lingkungan laut, rawa, dan darat. Sehingga, temuan fosil yang dipamerkan ada banyak hewan purba.

“Jadi jumlah koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam hingga saat ini sudah ada 10.114¬†yang masuk dalam database. Sementara fosil yang dipamerkan ada 200 fosil,” tuturnya.

Baca juga: Total Koleksi Museum Patiayam Kini Capai 10.800 Fosil

Kemudian, kata Darman, jumlah kunjungan di Museum Kretek saat ini sudah ada 36.713 hingga bulan September 2023. Hal itu masih jauh dari jumlah kunjungan tahun sebelumnya yang di angka 58.350 pengunjung.

“Untuk target PAD tahun ini di Museum Kretek kurang lebih Rp800 juta, dengan data itu setidaknya target sudah mencapai sekitar 70 persen dari target tahun ini. Harapannya target semoga tercapai, sebab awal tahun ini terkendala cuaca, yang mengakibatkan penurunan pengunjung,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
121,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER