31 C
Kudus
Jumat, Juni 14, 2024

Total Koleksi Museum Patiayam Kini Capai 10.800 Fosil

BETANEWS.ID, KUDUS – Koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam sampai Oktober 2023 mencapai 10.800 fosil. Fosil hewan purba itu terdiri dari hewan laut, rawa, dan darat. Dari jumlah tersebut, yang sudah masuk database museum ada 10.114 fosil dan yang dipamerkan baru 200 fosil.

Menurut Koordinator Museum Situs Purbakala Patiayam, Jamin, sedikitnya fosil yang dipamerkan itu lantaran ruang museum masih terbatas, sehingga belum bisa menampilkan semua koleksi.

Program Museum Keliling di SMP Negeri 1 Mejobo, Senin (30/10/2023). Foto: Kaerul Umam

“Fosil-fosil itu meliputi fragmen hewan laut ada gigi hiu, hewan rawa ada buaya, dan darat ada fosil gajah,” bebernya dalam kegiatan Museum Keliling yang digelar di SMPN 1 Mejobo, Senin (30/10/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Wah, Peserta Museum Keliling Dapat Diskon Tiket Masuk Museum Kretek dan Patiayam

Jamin menyebut, temuan fragmen yang berada di museum itu sudah diidentifikasi tenaga ahli Arkeolog. Sedangkan yang dipamerkan sudah melalui tahap konservasi, rekonstruksi, dan deskripsi.

“Jadi di sana sangat komplet, mungkin bapak ibu bisa mengarahkan tujuan pembelajaran di luar kelas di Museum Situs Purbakala Patiayam. Karena tidak hanya di museum, di sana juga ada Gardu Perlindungan atau Gardu Atraksi,” paparnya.

Pihaknya saat ini juga telah mempunyai gagasan yang dinilai bisa untuk memikat daya tarik pengunjung yaitu pembuatan simulasi dari penemuan fosil hingga bisa dipamerkan. Namun, hal itu masih terkendala finansial (anggaran).

“Rencananya nanti ada simulasi seperti penggalian, penyelamatan, perawatan fosil dan fragmen. Jadi nanti anak didik bisa tertarik mengetahui bagaimana fosil ini ditampilkan,” katanya di hadapan puluhan peserta dari guru IPS SMP, Kepala SD, pengawas, dan korwil se-Kecamatan Mejobo itu.

Baca juga: Museum Patiayam Wacanakan Tempat Simulasi dari Penemuan Fosil hingga Bisa Dipamerkan

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya, Disbudpar Kudus, Sudarman menambahkan, tingkat kunjungan yang ada di Museum Situs Purbakala Patiayam saat ini sudah ada belasan ribu pengunjung. Katanya, wisatawan itu datang dari berbagai daerah seperti, Kudus, Pati, dan sekitarnya.

“Sampai Agustus 2023 tingkat kunjungan sudah ada 14.760 orang. Tentu hal itu lebih meningkat dari tahun sebelumnya yang sampai akhir tahun ada 16.515 pengunjung,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER