31 C
Kudus
Jumat, Juni 21, 2024

Demi Tingkatkan Jumlah Mahasiswa Baru, UMK Jor-Joran Diskon UKT

BETANEWS.ID, KUDUS – Jumlah mahasiswa baru Universitas Muria Kudus (UMK) pada tahun ajaran 2023/2024 turun drastis. Untuk meningkatkan jumlah pendaftar, UMK pun memberikan berbagai diskon, termasuk uang kuliah tunggal (UKT) pada pendaftaran mahasiswa baru (PMB) tahun ajaran 2024/2025.

Rektor UMK, Darsono, mengatakan, PMB UMK dibagi 3 gelombang dan gelombang pertama sudah dibuka hari ini, Rabu (8/11/2023). Di gelombang I, pihaknya akan memberikan diskon UKT mencapai Rp20 persen.

“Bagi mahasiswa baru yang mendaftar di gelombang pertama akan mendapatkan potongan 20 persen untuk biaya pendidikan. Sedangkan gelombang kedua ada potongan biaya pendidikan 5 persen,” beber Darsono usai media gathering di Hotel @Hom, Rabu (8/11/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Pesan Rektor UMK pada 1.356 Wisudawan: ‘Alumni Berkualitas Adalah Pemberi Inspirasi’

Di samping itu, lanjut Darsono, UMK juga menyediakan pelbagai beasiswa untuk para mahasiswa, seperti beasiswa prestasi, atlet, akademik, antar lembaga, dan hafiz.

“Ini semua jalur minta untuk dibuka untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat. Kami berharap animo siswa yang mendaftar di UMK bisa lebih meningkat,” bebernya.

Darsono mengungkapkan, pihaknya juga memperkuat lembaga PMB yang sebelumnya hanya Bagian kemudian ditingkatkan sebagai Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) agar punya gerak lebih luas.

“Kemudian kami juga memperlebar jalur-jalur penerimaan yang selama ini belum ada. Terutama untuk jalur-jalur yang berkenaan dengan kegiatan-kegiatan siswa misalnya pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), pengurus Pramuka, pengurus karang taruna, kami bisa terima sebagai syarat untuk masuk UMK,” ungkapnya.

Baca juga: 457 Mahasiswa UMK Terima Beasiswa Senilai Rp2,96 Miliar

Dengan berbagai upaya tersebut, Darsono optimis minat orang untuk menjadi mahasiswa di UMK akan kembali meningkat.  Ia pun menargetkan, pada PMB periode ini UMK akan mendapatkan 2.500-3000 mahasiswa baru.

“Target tersebut juga sesuai pagu daya tampung program studi (Prodi). Harapannya, semoga bisa tercapai, kita ikhtiar semua. Makanya judul paparan kami berikhtiar untuk memajukan UMK,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER