31 C
Kudus
Jumat, Desember 1, 2023

Caleg DPRD Demak yang Masuk DCT Pileg 2024 Dilarang Curi Start Kampanye

BETANEWS.ID, DEMAK – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Demak mengimbau kepada calon legislatif (caleg) yang lolos Daftar Calon Tetap (DCT), untuk tidak melakukan kampanye di luar jadwal tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (PP Datin) Bawaslu Demak, Kusfitria Marstyasih, mengatakan, partai politik (parpol) tidak diizinkan untuk mencuri start kampanye sebelum 28 November 2023. Kampanye itu meliputi menyebarkan brosur, selebaran, pamflet, poster, stiker, alat peraga kampanye (APK), media sosial, dan aktivis lain yang bersifat mengajak.

“Setelah penetapan DCT 3 November 2023 ini, semua calon anggota DPRD Demak untuk tidak melakukan kampanye di luar jadwal. Kemudian terhitung pada 4 November sampai 27 November 2023 ini waktu terlarang untuk kampanye,” katanya saat ditemui di kantor Bawaslu Demak, Senin (6/11/2023).

Baca juga: Pileg 2024 di Demak Resmi Diikuti 521 Caleg dari 16 Partai Politik

Menurutnya, saat ini parpol hanya diperbolehkan melakukan sosialisasi. Caleg diizinkan untuk memperkenalkan diri secara langsung kepada masyarakat atau melalui alat peraga sosialisasi (APS).

“Pertemuan dengan warga diperbolehkan, tetapi hanya mengenalkan diri dari partai apa. Jadi tidak boleh ada ‘coblos saya’ atau menyampaikan visi misi,” terangnya.

Soal baliho caleg di berbagai titik, ia menilai itu bukan kampanye, melainkan sosialisasi. Sehingga, mengenai perizinan dan kebijakan tersebut diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (pemkab) Demak.

“Kemudian misalnya pada tanggal 4-27 November ini ada baliho parpol, itu masuknya sosialisasi. Karena mereka memasang baliho itu sudah izin atau tidak nanti bisa dikonfirmasi ke BPKPAD karena sebelum masa kampanye itu ranahnya pemkab Demak,” paparnya.

Baca juga: Dua Parpol Tak Ikut Pileg 2024 di Demak, Tak Punya Caleg yang Penuhi Syarat

Untuk mencegah terjadinya pelanggaran itu, pihaknya mengaku telah melayangkan surat imbauan itu kepada parpol di Demak. Tujuannya agar mereka menyampaikan larangan itu pada calegnya masing-masing.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak telah mengumumkan 521 caleg yang ditetapkan dalam DCT pada 4 November 2024. Adapun rincianya, 310 laki-laki dan 211 perempuan. Peserta Pemilu 2024 itu akan memperebutkan 50 kursi anggota DPRD Demak.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
121,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER