31 C
Kudus
Minggu, Desember 3, 2023

Untuk Tarik Minat Pengunjung, Museum Patiayam Diminta Lakukan Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Kegiatan Museum Keliling pekan ini memperkenalkan Museum Situs Purbakala Patiayam di SMPN 2 Kudus. Dalam acara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus mendapat berbagai masukan dari peserta agar pengunjung museum bisa meningkat.

Salah satu peserta, Aida Mustofa, menyampaikan, ada beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya minat pengunjung, baik siswa dan guru untuk datang ke museum. Salah satunya adalah tiadanya mata pelajaran sejarah lokal di SMP.

Program Museum Keliling di SMPN 2 Kudus, Selasa (31/10/2023). Foto: Kaerul Umam

“Menurut analisa saya Bu, karena satu adalah masalah kurikulum. Di mana pelajaran IPS beberapa tahun yang lalu ada pelajaran sejarah lokal, khususnya untuk sejarah muatan lokal. Namun saat ini sejarah lokal itu tidak ada,” beber guru IPS SMPN 5 Kudus itu, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Edy Supratno Jelaskan Perbedaan Rokok dan Kretek di Acara Museum Keliling

Selain itu, katanya, koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam harus memiliki nilai yang bisa didapatkan oleh pengunjung saat berada di sana. Jika bermanfaat, maka bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Anggota Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Kudus itu juga menyebut akses jalan menuju Museum Situs Purbakala Patiayam masih kecil. Sehingga, itu menjadi salah satu penyebab kurangnya daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

“Akses jalan itu harusnya dibesarkan, Bu. Kemudian harus ada guide yang profesional untuk menceritakan setiap koleksi yang tersimpan di sana. Karena guide itu sangat penting untuk menyampaikan kepada pengunjung, agar mereka mengerti dan tertarik saat berada di sana,” ujarnya.

Usulan tersebut kemudian menjadi masukan bagus dan disambut baik oleh Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah. Sebab, kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan museum itu juga mencari masukan dan kekurangan dari peserta.

Baca juga: Tingkatkan Kunjungan Museum Kretek dan Patiayam, Disbudpar Kudus Gelar Museum Keliling

“Saya ucapkan terima kasih banyak atas masukan yang sangat bagus. Mengenai kurikulum nanti bisa ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus. Karena dalam acara ini kami membutuhkan dukungan dari Disdikpora juga agar bisa meningkatkan kualitas museum,” ucap Mutrikah.

Pihaknya juga akan melakukan perbaikan dari semua sisi agar museum dapat menjadi salah satu objek wisata pilihan warga Kudus, khususnya.

Sekertaris Dinas (Sekdin) Disdikpora Kudus, Moh Zubaedi juga akan melakukan rapat koordinasi dengan semua pengawas Sekolah Dasar (SD) maupun pengawas Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mencari solusi usulan tersebut.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
121,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER