31 C
Kudus
Kamis, Juni 13, 2024

Putusannya Soal Tes Perades Disebut Ultra Petita, PN Kudus Angkat Suara

BETANEWS.ID, KUDUS – Pengadilan Negeri (PN) Kudus angkat suara terkait tudingan kuasa hukum Universitas Padjajaran (Unpad), Adrian E Rompis, bahwa putusan membatalkan hasil seleksi perangkat desa (perades) di Kecamatan Mejobo merupakan putusan ultra petita. Humas PN Kudus, Rudi Hartoyo mengatakan bahwa tudingan itu merupakan pendapat dari pihak Unpad sebagai salah satu terdakwa.

“Pihak Unpad, mereka boleh berpendapat. Namun, yang jelas amar putusanya seperti itu (membatalkan hasil seleksi perades di Kecamatan Mejobo). Pasti itu sudah jadi pertimbangan majelis hakim,” ujar Rudi saat ditemui di PN Kudus, Jumat (20/10/2023).

Rudi juga menanggapi anggapan PN Kudus ultra vires atau melampui kewenangan karena telah menangani dan memutus perkara hasil seleksi perades, yang kata kuasa hukum Unpad, yang berwenang memutus perkara tersebut adalah PTUN. Menurutnya, terkait kewenangan sudah diputus oleh majelis hakim pada putusan sela.

-Advertisement-

Baca juga: Putusan PN Kudus Batalkan Hasil Tes Perades di Mejobo Disebut Ultra Petita, Apa Itu?

“Dalam putusan sela, majelis hakim memutus PN Kudus berwenang menangani perkara sengketa hasil seleksi perades di Desa Jepang dan Desa Kuwukan,” jelasnya.

Rudi mengatakan, apabila pihak Unpad tidak puas dengan putusan majelis hakim masih ada upaya hukum lanjutan, yaitu melakukan banding.

“Intinya, pada eksepsi kewenangan majelis hakim yang menangani berpendapat  berwenang, makanya sidang dilanjut sampai putusan akhir,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER