31 C
Kudus
Kamis, Juni 13, 2024

Keren! Mahasiswa UMK Ciptakan Abropez untuk Bantu Siswa Tunanetra Belajar Matematika

BETANEWS.ID, KUDUS – Enam mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) menciptakan media pembelajaran berupa Angka Braille dan Operasi Hitung Puzzle (Abropez) untuk membantu siswa tunanetra belajar matematika.

Keenam mahasiswa tersebut ialah Alfina Noor Aini (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Richie Annisa Cikal (Bimbingan Konseling), Khilda Evita Aisya (Pendidikan Bahasa Inggris), Aulia Nisa’ Cahya Ningrum (Bimbingan Konseling), Sholikul Hadi (Pendidikan Bahasa Inggris), dan Nissaul Azizah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Alat itu kemudian dipraktekkan oleh siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Purwosari, Kudus, Rabu (13/9/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Mengenal Anjas, Difabel Asal Kudus yang Ciptakan Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat

Ketua kelompok, Alfina Noor Aini menjelaskan, media pembelajaran ABROPEZ merupakan kubus terbuat dari kayu limbah yang di dalamnya terdapat puzzle angka braille dan operasi hitung matematika. Alat ini juga dilengkapi dengan ijiran matematika yang dapat memudahkan siswa tunanetra menyeleseikan hitungan.

“Alat ini kita ciptakan sebagai media pembelajaran dalam pengembangan kognitif anak didik berkebutuhan khusus. Abropez di sesuaikan dengan cara anak didik memahami dan disesuaikan dengan kemampuan anak didik,” ujarnya.

Baca juga: Agar Bisa Mandiri, Puluhan Tunanetra di Kudus Diajari Bikin Batik Ecoprint

Alfina menjelaskan, Abropez ini ketika dibuka akan muncul kotak-kotak kayu kecil. Di atasnya terdapat kode angka braille dan tanda operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian, yang disebelahnya terdapat sempoa matematika.

“Abropez juga dilengkapi dengan buku pedoman untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa tunanetra di Kabupaten Kudus. Di dalam buku tersebut terdapat materi matematika operasi hitung dari kelas 1 sampai 6 yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 serta terdapat latihan soal,” urainya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER