31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Kekeringan, Petani di Pati Gagal Tanam

BETANEWS.ID, PATI – Hamparan area persawahan di Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo, Pati, mengering. Tanaman padi yang bekas dipanen pada musim tanam (MT) 2 terlihat dibiarkan begitu saja.

Kekeringan memaksa petani di Desa Jambean Kidul gagal tanam padi pada MT 3 tahun ini. Petani urung untuk menanam padi ataupun mengganti dengan tanaman lain.

Baca Juga: Butuh Waktu Hingga Sebulan untuk Pembuatan Satu Gunungan Meron

-Advertisement-

Biasanya, jelang akhir tahun seperti sekarang ini, petani sudah mempersiapkan tanam padi. Namun, karena saat ini keberadaan air sangat minim, petani terpaksa mengurungkan niatnya untuk bisa bertanam pada MT 3.

Kamelan, petani asal Desa Jambean Kidul mengatakan, kalau kekeringan tahun ini lebih parah dari tahun sebelumnya. Hal itu mengakibatkan banyak lahan yang tidak tergarap.

“Ada yang memang gagal tanam karena kekurangan air, ada pula yang memang sengaja untuk tidak menanam, karena diprediksi air pada musim ini kurang,” ujar Kamelan, Sabtu (30/9/2023).

Ia menyebut dengan tidak adanya produksi padi pada MT 3 ini, menurutnya berimbas terhadap melonjaknya harga gabah kering. Sebab, stok gabah di petani minim.

Kamelan mengatakan, di tingkat petani, harga jual gabah kering untuk satu kilogramnya mencapai Rp7.500 dan bisa lebih. Padahal, normalnya harga gabah kering di petani Rp5.000.

“Saat ini ya kalau yang punya panenan bersyukur, karena harga jual gabah tinggi. Tapi yang tidak punya kena imbas, karena mereka kan harus beli beras,” ungkapnya.

Baca Juga: Hati-Hati! Kasus Kebakaran di Pati Tinggi, Bulan Ini Saja Ada 47 Kejadian

Menurutnya, harga gabah kering petani bisa saja terus mengalami lonjakan kalau kemarau masih berlangsung. Sebab, beberapa daerah-daerah panen sudah menipis stoknya.

Terkait dengan kondisi ini, petani hanya bisa pasrah hingga hujan turun lagi. Sebab, pengairan ke areal sawah sudah tidak bisa lagi untuk mencukupi tanaman padi.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER