31 C
Kudus
Sabtu, September 23, 2023

Perjuangan Berat Pengibar Bendera, Hadapi Arus untuk Kibarkan Merah Putih di Sungai Juwana

BETANEWS.ID, PATI – Tiga orang tampak bersiap di pinggir sungai dengan mengenakan pelampung berwarna oranye. Ketiganya kemudian turun ke tepian begitu ada aba-aba dari pembawa acara upacara HUT RI. Mereka pun kemudian berenang ke tengah Sungai Juwana dengan membawa bendera merah putih yang terbungkus plastik.

Meski jarak dari tepi menuju tiang bendera yang berada di tengah sungai tidak terlalu jauh, namun ketiga orang yang merupakan petugas pengibar bendera itu, harus berenang secara pelan. Sebab, arus sungai yang cukup deras, membuat mereka harus berjuang keras untuk bisa sampai di lokasi tiang bendera.

Baca Juga: Henggar Usulkan Pati Dilalui Trans Jateng, Ini Alasannya

Puluhan orang yang mengikuti upacara pun terlihat tegang melihat proses pengibaran bendera merah putih tersebut. Beberapa menit kemudian, akhirnya ketiganya sampai di tiang bendera yang terbuat dari bambu itu.

Bendera yang masih terbungkus plastik kemudian dibuka untuk selanjutnya dikibarkan. Dengan iringan lagu Indonesia Raya, akhirnya merah putih berkibar dengan gagah di tengah Sungai Juwana.

“Saya bangga bisa menjadi bagianbagian dari pengibaran bendera merah putih di tengah Sungai Juwana. Ini unik dan syarat dengan makna, ” ujar Abdul Hadi, salah satu petugas pengibar bendera usai Upacara HUT RI di aliran Sungai Silugonggo Juwana, tepatnya di dekat Jembatan Sampang Pati, Kamis (17/8/2023).

Ia pun menyebut untuk bisa mengibarkan bendera di tengah sungai itu cukup berat, sebab arusnya menurutnya juga cukup deras.

“Kalau kelihatannya dari atas memang tenang ya arusnya, tapi kalau dari bawah itu mobat-mabit, jadi cukup berat,” imbuhnya.

Baca Juga: DPRD Pati Segera Bahas Raperda untuk Lindungi Kesenian dan Kebudayaan Lokal

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan, bahwa sebagai generasi penerus, saat ini untuk berjuang tidak perlu mengangkat senjata, tetapi cukup mempertahankan kemerdekaan dengan baik, melalui profesi masing-masing.

Untuk diketahui, upacara bendera dalam rangka HUT RI ini diikuti peserta olah komunitas Jampi Sawan (Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana), Karang Taruna, perwakilan lintas agama, Pemdes Gadingrejo, Ansor Pucawangi dan warga.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,308PengikutMengikuti
118,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER