31 C
Kudus
Sabtu, September 23, 2023

Pasca-Banjir, Ratusan Hektare Sawah di Ngastorejo Pati Gagal Panen

BETANEWS.ID, PATI – Banjir yang menerjang sebagian wilayah di Kabupaten Pati beberapa bulan lalu ternyata berdampak terhadap pertumbuhan tanaman padi yang tidak optimal. Bahkan, petani banyak yang mengalami gagal panen.

Kondisi seperti ini terjadi di Desa Ngastorejo, Kecamatan Jakenan, Pati. Di tempat itu, ada ratusan hektare tanaman padi mengalami gagal panen.

“Memang pasca-banjir, banyak petani di desa kami mengalami gagal panen. Bukan karena lahannya kekurangan air, tetapi bekas air banjir ternyata berpengaruh terhadap tanah. Hal ini mengakibatkan padi banyak yang gagal panen,” ujar Parnoto, Sekretaris Desa Ngastorejo, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Bertahun-tahun Krisis Air Bersih, Warga di Pati Andalkan Air Isi Ulang untuk Konsumsi

Ia tidak mengetahui secara pasti, unsur apa yang memengaruhi tanah persawahan jadi tidak subur pasca-banjir tersebut. Dirinya hanya menduga, air banjir yang sebelumnya menggenangi area persawahan membawa unsur semacam racun yang mengakibatkan tanah tidak subur.

Ia menyebut, hampir seluruhnya tanaman padi di desanya sekitar 130 hektare mengalami kegagalan. Per hektare rata-rata hanya dapat panen sekitar sembilan karung.

“Ya sekitar 2,5 kuintal lah per hektare dapetnya. Itu sudah maksimal. Ya paling tingkat kegagalannya sampai 80 persen,” ungkapnya.

Terkait dengan hal itu, pihaknya berharap kepada pemerintah pusat, agar bantuan stimulan bagi petani bisa segera dicairkan. Sehingga, nantinya bisa membantu perekonomian warga.

Baca juga: Belasan Desa di Pati Terdampak Kekeringan, BPBD Mulai Sibuk Dropping Air

Akibat gagal panen tersebut, menurutnya banyak petani di desanya yang mengalami kerugian. Sehingga, petani membutuhkan stimulan agar petani bisa mengembalikan modal tanam.

Lanjutnya, saat ini sebagian petani juga sudah beralih ke tanaman palawija. Meski begitu, hasilnya katanya juga tidak maksimal.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,308PengikutMengikuti
118,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER