31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Hartopo Sebut Bupati Tak Punya Kewenangan Melantik Perangkat Desa

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus, Hartopo menyebut tak punya kewenangan melantik perangkat desa. Oleh karena itu, menurutnya aksi demonstrasi gabungan ranking (garank) 1 hasil seleksi Perades Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran (Unpad) ke Pendopo Kudus besok, Rabu (23/8/2023) itu salah alamat.

Menurut Bupati, kewenangan pelantikan ada di tangan kepala desa. Terkait para kepala desa yang masih belum berani melakukan pelantikan, kata Hartopo, bisa koordinasi dengan camat dan dinas PMD.

“Jadi biar mereka komunikasi. Termasuk dengan kajian-kajiannya,” ujar Hartopo kepada Betanews.id di Pendopo Kudus, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Garank 1 Perades Besok Akan Gelar Aksi di Alun-Alun Kudus, Tuntut Pelantikan Harga Mati

Disinggung penundaan pelantikan tersebut ada kaitanya dengan SK Bupati yang diterbitkannya, Hartopo membenarkan. Namun, hasil putusan sidang Pengadilan Negeri (PN) Kudus dianggapnya tak sesuai harapan.

“Yang kita harapkan itu penggugat ditolak atau diterima, itu harapan kami. Tapi hasilnya cuma memindahkan. Artinya belum dilaksanakan sidang,” bebernya.

Menurutnya, hal itu cuma baru kajian. Setelah ada kajian ternyata PN Kudus tidak punya kewenangan untuk memutuskan perkara tersebut. Akhirnya yang punya kewenangan memeriksa dan memutus perkara ada di PN Sumedang.

Baca juga: PN Kudus Tolak Gugatan Pansel Perades, Kuasa Hukum Garank 1 Cabut Gugatan di PTUN Semarang

“Walaupun ini masuk dalam putusan sela, tapi kan tidak bisa dikatakan ditolak atau diterima, itu belum ada,” tegas Hartopo.

“Oleh karena itu, terkait pelantikan perangkat desa diserahkan ke kepala desa, camat dan tentunya Dinas PMD. Bagaimana dikaji yang terbaik, hasilnya pun yang terbaik,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER