31 C
Kudus
Jumat, Juni 14, 2024

Ganjar Minta PT Tirta Utama Jateng Perluas Cakupan Suplai Air Bersih saat Kemarau

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) memperluas cakupan suplai air bersih kepada masyarakat di musim kemarau ini. Mengingat, sudah banyak daerah yang mengalami kekeringan.

“Kita mau ini bukan hanya sekadar gedung untuk mereka berkantor tetapi untuk membuat kebijakan yang betul-betul progresif. Khususnya dalam memberikan sumber air bersih kepada masyarakat,” kata Ganjar usai meresmikan Kantor PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) di Banyumanik, Kota Semarang, Kamis (24/8/2023).

Ganjar menjelaskan, saat ini telah berada di bulan-bulan kemarau sehingga kebutuhan air cukup banyak. Ketika suplai itu tidak terpenuhi, ia khawatir masyarakat akan menurunkan kualitas untuk mendapatkan air bersih. Padahal air bersih ini kebutuhan paling utama karena berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat.

-Advertisement-

Baca juga: 62 Desa di Demak Bakal Terdampak Kekeringan

“Ini berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat. Kalau air bersih tidak didapat, jangan harap kemudian kualitas kesehatan masyarakat juga akan baik,” jelas Ganjar.

Kekhawatiran itu muncul karena perusahaan-perusahaan pemerintah yang terkait air banyak dikomplain. Misalnya apakah airnya sering mati, apakah airnya kotor, atau cakupan untuk kebutuhan air bersihnya kurang.

Ganjar meminta agar PT Tirta Utama Jawa Tengah dengan PDAM harus kompak. Kekompakan itu dibutuhkan agar suplai atau dukungan ar bersih kepada masyarakat baik dan merata.

“Maka Tirta Utama Jawa Tengah kita minta untuk menjadi pionir. Komunikasi dengan PDAM, coverage-nya yang belum terpenuhi di mana, kondisi kedaruratannya seperti apa,” jelasnya.

Baca juga: Sebulan ke Depan Diprediksi Tak Ada Hujan, 194 Desa di Pati Rawan Kekeringan

Keberadaan kantor baru PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) itu diharapkan bisa menjadi tempat untuk berpikir, diskusi, dan mendesain agar kebutuhan air bersih masyarakat Jawa Tengah terpenuhi. Baik pengelolaan dari hulu hingga hilir dan siapa saja yang terlibat untuk bekerja sama.

“Ini menjadi harapan besar. Mudah-mudahan dari gedung ini nanti sering bertemulah antarpemangku kepentingan pengelola air bersih yang ada. Mudah-mudahan lebih bagus lagi nanti pengelolaan air bersihnya. Jaga integritas agar kemudian kualitas layanan bagus,” kata Ganjar.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER