31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Warganya Dianggap Lebih Nasionalis, Penjual Bendera Asal Garut Ini Pilih Jualan di Jepara

BETANEWS.ID, JEPARA – Menjelang Agustus, penjual bendera merah putih mulai bertebaran di Jepara. Salah satunya berada di ruas jalan Pasar Pecangaan atau tepatnya di depan PT Dasaplast Nusantara.

Pria bernama Jajang Sungkara (53) itu mengaku sudah tujuh tahun berjualan bendera di daerah Jepara. Ia sebelumnya pernah juga menjual bendera sampai ke daerah Bali, Sulawesi, sampai dengan Sumatra.

Penjual Bendera asal Garus buka lapak di depan PT Dasaplast Nusantara, Jepara. Foto: Umi Nurfaizah

Jajang bercerita bahwa ia datang ke Jepara bersama dengan sang anak yang juga menjual bendera di depan SDN 1 Pecangaan. Selama di Jepara, ia tinggal di sebuah rumah kos di Daerah Ngabul, Kecamatan Tahunan.

-Advertisement-

Baca juga: Sambut Pemilu 2024, Nashr Print Advertising Mulai Kebanjiran Pesanan APK Parpol

“Kalau di Jepara ini sudah tujuh musim (tahun), sejak tahun 2016. Cuma kan satu tahunnya kadang cuma tiga minggu kadang dua minggu,” kata warga Garut itu, Jumat (21/7/2023).

Jajang bercerita bahwa ia memilih berjualan di daerah Jepara karena barang dagangannya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk terjual. Selain itu, ongkos yang harus ia keluarkan juga lebih murah.

Jajang merasa bahwa setiap tahunnya modal yang harus ia keluarkan untuk berjualan bendera di Jepara selalu kembali bahkan mendapat keuntungan.

“Selain karena ongkosnya miring atau lebih murah, antusiasnya juga nasionalisnya agak bagus kalau di Jawa di Jepara ini. Jualnya kadang-kadang cepet lah. Ya tapi namanya jualan,” ujarnya.

Meski selama lima hari berjualan sejak 17 Juli belum ada satupun yang terjual, tapi Jajang mengaku optimis bahwa benderanya akan laku terjual, terutama saat memasuki awal bulan Agustus.

Baca juga: Awalnya Cuma Iseng, Ardi Kini Malah Jadi Pebisnis Sendal Kulit yang Orderannya Mengalir Deras

Bendera yang ia jual juga memiliki ukuran bervariatif, mulai dari ukuran 1 M X 80 Cm dengan harga Rp50 ribu, ukuran 1 M X 50 Cm harga Rp35 ribu, ukuran 1 M X 20 Cm harga Rp25 ribu, dan yang paling kecil ukuran 90 Cm X 60 Cm harga Rp15 ribu.

“Kalau yang paling laku biasanya ukuran 1 M X 20 Cm, itu kan buat di rumah bisa, di perkantoran juga bisa, kalau yang ukuran itu,” jelasnya.

Selain menjual bendera, Jajang juga menjual pernak-pernik lain yang biasanya di pasang pada saat Hari Kemerdekaan, seperti dekron yang dijual dengan harga Rp200 ribu, kemudian umbul-umbul harga Rp25 ribu, Bandir harga Rp50 ribu, serta renteng atau bendera berbentuk segitiga harga Rp15 ribu.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER