31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Minim Anggaran, Gelaran Pentas Seni dan Pameran 100 UMKM di Porprov Jateng Dipastikan Gagal

BETANEWS.ID, JEPARA – Pameran 100 UKM dan gelaran pentas seni yang akan diadakan dalam rangka meramaikan event Pekan Olahraha Provinsi (Porprov) Jawa Tengah selama satu minggu full dipastikan gagal. 

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Kabupaten Jepara, Samiaji menjelaskan, sebagai gantinya para pelaku UMKM yang semula akan ditempatkan di Alun-alun Jepara dipindah di sekitar area Gelora Bumi Kartini (GBK). 

Baca Juga: Jadi Aset Milik Sekolah, Perawatan Museum Ukir Jepara Tak Bisa Dianggarkan Oleh Pemkab 

“Berdasarkan rapat koordinasi terakhir, rencana 100 UMKM dan pentas seni selama satu minggu memang tidak jadi, karena terbatasnya anggaran sehingga kemudian dilakukan perampingan menjadi hanya 50,” katanya pada Betanews.id, saat ditemui usai peresmian galeri UMKM di Pelabuhan Kartini Jepara, Senin (17/7/2023). 

Selain perampingan tersebut, menurutnya perubahan lokasi pameran UMKM juga agar lebih dekat dengan keberadaan atlet, pengunjung, maupun suporter. 

Samiaji menambahkan, stand pameran tersebut sudah difasilitasi oleh pihak pemerintah kabupaten untuk para pelaku UMKM. Sehingga mereka tidak perlu menyewa untuk menempati stand

“Kalau stand sudah kita sediakan gratis, kecuali untuk listrik yang menghubungkan ke masing-masing stand itu tanggung jawab dari para pelaku UMKM, sama kebersihan lah. Karena mereka jualan makan dan minuman pasti ada sampahnya,” jelasnya.

Meskipun tempat stand UMKM tersebut dirubah dari rencana sebelumnya, Samiaji mengatakan bahwa stand-stand tersebut tidak akan mengganggu gelaran pertandingan dalam Porprov. 

Baca Juga: Pemkab Jepara Dinilai Abai dalam Perawatan Museum Ukir 

“Tidak, tidak akan mengganggu. Karena desain penempatan standnya ini nanti kita tempatkan di luar area pertandingan. Di sebelah jalan, di luar pintu GBK, di depan stadion sepak bola,” katanya.

Ia kemudian menyampaikan agar para pelaku UMKM nantinya tidak hanya menjual makanan maupun minuman, tetapi terdapat juga souvenir serta beberapa peralatan penunjang dari para atlet.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER