31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Guru PAUD di Kudus Berlomba Ciptakan Generasi Emas Lewat Pembelajaran Berbasis Bermain

BETANEWS.ID, KUDUS – 306 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 19 Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) di Kudus beradu kemampuan dalam Golden Challenge AJARI. Ajang ini merupakan implementasi Program Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pembelajaran Berbasis Bermain dalam Budaya Inkuiri yang digelar selama sembilan bulan.

Kompetisi ini untuk mengukur seberapa jauh perilaku peserta dalam mewujudkan pembelajaran berbasis bermain dalam budaya inkuiri di kelas masing-masing.

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Vika Andina, menjelaskan, tahun ini semua peserta dan sekolah mengirimkan hasil karyanya. Menurutnya, antusiasme peserta dalam mengikuti Golden Challenge juga luar biasa.

Baca juga: Berganti Pengurus, PBG Kudus Diharapkan Bisa Jadi Wadah Guru Cetak Generasi Emas

“Dari hasil Golden Challenge ini kami dapat melihat perubahan perilaku mengajar peserta di kelas. Atas pencapaian ini kami memberikan apresiasi bagi para pemenang. Tujuannya agar pemenang tetap semangat mengimplementasikan pembelajaran berbasis inkuiri di sekolah masing-masing,” ujarnya saat acara Apresiasi Pemenang Golden Challenge AJARI Tahap 2 di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, Jumat (14/7/2023).

Menurut Vika, Golden Challenge ini punya dua tantangan, yaitu individu dan kolektif per sekolah. Untuk tantangan individu, setiap peserta harus memilih satu topik pembelajaran yang menarik, membuat modul ajar sesuai dengan topik pilihan, mengembangkan ragam main, mengimplementasikan modul ajar melalui video pembelajar dengan durasi 7-10 menit, dan menyusun laporan asesmen.

“Sedangkan untuk tantangan sekolah, tugasnya adalah membuat kurikulum tahun pembelajaran 2023/2024 yang harus memuat karakteristik lembaga, visi dan misi, pengorganisasian pembelajaran, perencanaan pembelajaran, dan evaluasi,” rinci Vika dalam program yang diinisiasi oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation dan Polytron itu.

Baca juga: Punya 79 Sekolah Binaan Jadi Bukti Komitmen Bakti Pendidikan Djarum Foundation Majukan Kudus

General Manager General Services PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), Maximus Max Arif Pramono, menambahkan, untuk para pemanang, pihaknya memberikan apresiasi berupa Smart Android TV 32 inch dan voucher Blibli.com senilai Rp2.500.000 untuk juara pertama, kulkas 1 pintu dan dan voucher Blibli.com senilai Rp800.000 untuk juara kedua, dan rice cooker dan voucher Blibli.com senilai Rp500.000 untuk juara ketiga.

“Semoga melalui program ini, seluruh peserta dapat menjadi agen perubahan, mampu mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat, dan menciptakan generasi emas di Kabupaten Kudus,” harap Arif.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER