31 C
Kudus
Kamis, Februari 29, 2024

Galeri UMKM Jepara Kembali Diresmikan, Bakal Ada Katalog Online

BETANEWS.ID, JEPARA – Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) kembali meresmikan Galeri UMKM Jepara yang bertempat di Pelabuhan Penyebrangan Pantai Kartini. 

Samiadji, Kepala Dinas Diskopumknakertrans Kabupaten Jepara menjelaskan bahwa sebelumnya Pemkab Jepara juga sudah memfasilitasi galeri UMKM di Warung NKRI yang beberapa waktu lalu sudah diresmikan. 

Baca Juga: Jadi Aset Milik Sekolah, Perawatan Museum Ukir Jepara Tak Bisa Dianggarkan Oleh Pemkab 

Selain itu, tempat oleh-oleh hasil perikanan yang berada di area jalan masuk menuju Pantai Kartini juga sudah diresmikan kembali. Hal tersebut menurutnya sebagai upaya dari Pemkab Jepara untuk mendukung berkembangnya sektor UMKM. 

“Hal ini juga sebagai amanah dari UU Cipta Kerja dalam PP Nomor 7 tahun 2021 dimana pemerintah pusat, daerah, BUMN, BUMD, maupun swasta harus turut berkontribusi dalam mempromosikan hasil produk dari para pelaku UMKM. Minimal 30% lah dari area bisnis tempat yang bersangkutan,” katanya saat ditemui usai peresmian galeri UMKM di Pelabuhan Pantai Kartini, Senin (17/7/2023).  

Sementara jumlah pelaku UMKM yang saat ini produknya dijual di tempat tersebut sekitar 50 dari 80 ribu UMKM yang terdapat di Jepara. Minimnya area yang tersedia menurutnya menjadi alasan terbatasnya jumlah UMKM yang lolos tahap kurasi. 

Namun kedepan menurutnya, aplikasi khusus yang tadinya disediakan untuk para pelaku UMKM di Jepara juga akan diaktifkan kembali. 

“Disamping produk yang di display disini (galeri UMKM) akan ada katalog online untuk produk UMKM. Dulunya sudah ada namanya Belanja UMKM Jepara, nanti akan kita upgrade aplilasinya sehingga bisa aktif kembali,” katanya. 

Baca Juga: Pemkab Jepara Dinilai Abai dalam Perawatan Museum Ukir 

Sedangkan terkait dengan wacana pembangunan galeri UMKM yang bertempat di sebelah selatan Kabupaten Jepara tepatnya di sekitar area Terminal Welahan, menurutnya masih akan digodok bersama dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. 

“Sementara itu masih wacana ya dengan OPD yang lain, ya akan dihidupkan lah karena untuk menghidupkan ekonomi Jepara yang bagian selatan dari arah Semarang dan Demak, ya bertahap nanti akan dikembangkan kesana,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER