31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

Belajar Otodidak, Erma Tak Menyangka Kini Bisa Produksi Aneka Rajut dan Hasilkan Uang

BETANEWS.ID, PATI – Seorang perempuan terlihat memegang benang rajut dan sebuah jarum. Menggunakan alat tersebut, kemudian perempuan itu membentuk benang menjadi sebuah tas.

Perempuan bernama Erma Ayuningtyas itu mengaku sudah menekuni kerajinan merajut sejak 2019 lalu. Ia membuat beragam aneka kerajinan rajut, di antaranya tas, gantungan kunci, connector masker hingga sepatu bayi.

Pemilik Maxima Craft itu pun menceritakan awal mula merintis usaha kerajinan rajut tersebut. Ia pun mengaku bisa membuat kerajinan itu dengan belajar otodidak.

-Advertisement-

Baca juga: Tak Biasa Andalkan Gaji Guru Non-ASN, Tutik Rintis Usaha Sampingan yang Ternyata Hasilnya Menggiurkan

“Berawal dari sebelum pandemi, saya belajar dari YouTube. Saya belajar otodidak. Alhamdulillah sekarang sudah banyak karya-karya saya,” ujar warga Randu kuning, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan/Kabupaten Pati itu, Selasa (6/6/2023).

Menurutnya, pada awal pandemi 2020 ia menerima banyak sekali pesanan connector masker, sehingga hasil dari penjualan itu, ia gunakan untuk modal lagi, membeli alat dan juga bahan.

Kata Erma, ia sudah tertarik dengan kerajinan rajut sejak masih duduk di bangku SMP. Namun, ketika itu ia masih belum punya gawai, sehingga tidak bisa melihat tutorial membuat rajut yang ada di YouTube.

“Sejak SMP sebenarnya sudah pingin merajut, tapi nggak punya HP untuk belajar. Waktu itu saya juga ingin punya tas rajut, tapi harganya mahal, jadi nggak kebeli, uangnya gak cukup,” terangnya.

Baca juga: Bantu Suami Cari Rezeki, Eliana Nekat Jual Nasi Cokot yang Ternyata Laris Manis

Setelah dirinya menikah, keinginan untuk membuat kerajinan rajut akhirnya terwujud. Keluarga, terutama suaminya menurutnya sangat mendukung.

Kerajinan rajut buatannya, menurutnya dibanderol mulai dari Rp20 ribu hingga Rp50 ribu. Sedangkan untuk pemasaran, rajut dari Maxima Craft itu sudah sampai di Lampung, Riau, dan Sulawesi.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER