31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Triwulan 1, Investasi di Kudus Terealisasi Rp 577 M, Target 2023 Rp 800 M

BETANEWS.ID, KUDUS – Laju investasi di Kabupaten Kudus tahun ini disebut terus tumbuh secara positif. Hingga triwulan pertama tahun 2023, nilai investasi di Kota Kretek sudah terealisasi kurang lebih sebesar Rp 577 miliar.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus, Harso Widodo. Dia mengatakan, di tahun 2023 target nilai investasi di Kabupaten Kudus sebesar Rp 800 miliar.

“Realisasi investasi sebesar Rp 577 miliar itu setara 75 persen. Oleh karenanya, kami optimis di tahun 2023 target investasi di Kabupaten Kudus bisa tercapai,” ujar pria yang akrab disapa Harso kepada Betanews.id saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: Investor Akan Bangun Pasar Sayur di Kudus dengan Nilai Rp 18 M, Ini Lokasinya

Harso mengungkapkan, realisasi investasi di triwulan pertama di Kabupaten Kudus masih didominasi oleh Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) kurang lebih sebesar Rp 430 miliar. Sedangkan untuk modal asing yang masuk ke Kudus kurang lebih sebesar Rp 147,6 miliar.

“Investasi yang masuk ke Kudus didominasi modal dalam negeri. Meski begitu modal asing juga ada yang masuk dan percaya untuk berinvestasi di Kudus,” bebernya.

Harso pun mengaku optimis target investasi Kabupaten Kudus di tahun 2023 bisa tercapai. Ada beberapa alasan yang menjadikannya sangat optimis. Alasan itu antara lain, adanya usaha-usaha baru yang bermunculan, serta pengembangan usaha skala besar di Kabupaten Kudus.

“Seperti di Desa Ngembal Kulon itu ada PT Primata Boga, perusahan modal asing yang akan melakukan pengembangan industri roti dan kelengkapannya. Serta rencananya di Kudus juga akan ada pembangunan pabrik sepeda motor listrik,” katanya.

Dia menjelaskan, pihak yang akan membangun pabrik sepeda motor listrik di Kudus adalah PT Hartono Istana Teknologi (HIT) yang memegang merek Polytron.

Baca juga: Investor dari Tiongkok Jajaki Investasi di Kudus, Pengembang Lokal Masih Enggan

Harso menambahkan, penentuan target investasi di Kabupaten Kudus ditetapkan oleh Kementerian Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dibanding tahun lalu, target investasi di Kabupaten Kudus tahun ini nilainya turun.

“Tahun lalu target investasi di Kudus sebesar Rp 910 miliar. Untuk tahun ini target investasi ditetapkan Rp 800 miliar,” ungkapnya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER