31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Target Pendapatan Pajak Daerah Kabupaten Demak Naik Rp 7 Miliar

BETANEWS, DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak menargetkan realisasi pendapatan pajak daerah di Kabupaten Demak naik dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, realisasi pendapatan pajak sebesar Rp163 miliar, tahun ini ditarget bertambah Rp 7 miliar, menjadi Rp170 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Demak Safitri mengatakan, pendapatan pajak daerah tahun 2022 telah melampaui target. Dirinya yakin, tahun 2023 ini pihaknya juga mampu melampaui target tersebut.

Alhamdulillah tahun sebelumnya melampaui target. Harapannya tahun ini juga sama, ” katanya pada Betanews.id di kantor BPKAD Demak, Jumat (5/5/2023).

-Advertisement-

Baca juga: DPRD Demak Soroti DID yang Tiap Tahun Turun Drastis

Menurut Safitri peningkatan pendapatan pajak daerah disebabkan penambahan potensi di wilayah Kabupaten Demak. Untuk mencapai itu, pihaknya bahkan telah menyiapkan berbagai upaya.

“Untuk mencapai target itu yang jelas kami melakukan penagihan, peningkatan pelayanan publik, menggali obyek pajak termasuk reklame,” imbuhnya.

Safitri menerangkan terdapat 11 sumber pajak daerah. Mulai dari dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), hotel, hiburan, parkir, restoran, penerangan jalan, air tanah, serta sarang walet.

Baca juga: Warga Demak Dapat Bantuan Sarana Prasarana Posyandu dari Program CSR BRI

“Untuk reklame tahun 2022 kemarin menyumbang pajak Rp 2,5 miliar dari 1700 baliho yang terpasang di wilayah Kabupaten Demak,” sebutnya.

Melihat tahun 2022 dalam mencapai target pendapatan pajak daerah di wilayah Kabupaten Demak, Safitri berharap itu bisa lebih ditingkatkan. “Harapannya ya tercapai, kudu isa. Karena kita membicarakan anggaran yang melibatkan banyak pihak,” katanya.

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER