31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Hebat! 70 Persen Siswa SMKN Jateng yang Lulus Tahun Ini Sudah Diterima Kerja

BETANEWS.ID, SEMARANG – Sebanyak 258 pelajar SMKN Jawa Tengah akan diwisuda Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (25/5/2023) di halaman SMKN Jawa Tengah kampus Semarang. Wisuda dan pelepasan lulusan angkatan ke-7 ini juga akan dihadiri lebih dari 30 perwakilan perusahaan, sekaligus untuk melakukan kesepakatan dalam penyerapan tenaga kerja dari lulusan SMKN Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ainur Rojik, menuturkan, dari 258 lulusan yang akan diwisuda tahun ini, sekitar 60-70 persen di antaranya sudah diterima bekerja.

“Lulusan tahun ini ada sebanyak 258 siswa, sekitar 60-70 persen sudah terserap di dunia kerja. Nah, sisanya nanti diharapkan akan terekrut oleh perusahaan yang hadir. Target kami 100 persen,” terangnya.

-Advertisement-

Baca juga: Sukses Kerja di Jepang, Lulusan SMKN Jateng Ini Bisa Renov Rumah, Beli Tanah hingga Mobil

Ratusan siswa yang diwisuda tersebut berasal dari tiga kampus SMKN Jawa Tengah, terdiri dari 118 siswa lulusan SMKN Jawa Tengah kampus Semarang, 92 siswa lulusan SMKN Jawa Tengah kampus Purbalingga, dan 48 siswa lulusan SMKN Jawa Tengah kampus Pati.

Dari data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, sejak 2017 hingga 2023 SMKN Jawa Tengah telah meluluskan sebanyak 1.837 siswa. Terdiri dari SMKN Jawa Tengah kampus Semarang 825 lulusan, SMKN Jawa Tengah kampus Pati 336 lulusan, serta 676 lulusan SMKN Jawa Tengah kampus Purbalingga.

Baca juga: SMKN Jateng Buka Kelas Khusus yang Bisa Langsung Kerja Sambil Kuliah di Jepang

“Dari data keseluruhan ada 80 persen telah terserap di dunia kerja,” tandasnya.

Selain Gubernur dan pihak perusahaan, acara wisuda dan pelepasan juga mengundang orang tua siswa. Kehadiran Ganjar, adalah bentuk dukungan terhadap sekolah yang telah dirintisnya sejak 2014 lalu. Sekolah berkonsep boarding school itu diperuntukkan untuk siswa miskin dalam mendapatkan akses pendidikan secara gratis.

“Harapan kami Pak Ganjar bisa hadir dan menyaksikan lulusan-lulusan SMKN Jateng,” paparnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER