31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Jalan Tol Solo-Jogja Seksi 1 Kartasura-Purwomartani Akan Dibuka Sementara untuk Arus Mudik

BETANEWS.ID, SOLO – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali mengecek progres pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja, Sabtu (8/4/2023). Ganjar ingin memastikan jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Purwomartani siap digunakan sebagai jalur fungsional saat arus mudik lebaran tahun ini.

Usai mendengarkan keterangan dari pengelola, Ganjar kemudian menjajal jalur tol yang akan digunakan pemudik, menggunakan mobil pribadinya. Pantauan di lapangan, dari 6 km jalur yang akan digunakan untuk mudik, belum semuanya dicor rigid. Ada bagian jalur yang masih dilapisi beton biasa, bahkan ada juga yang masih tanah. Di sana juga belum ada pembatas jalan, sehingga cukup membahayakan bagi pengguna jalan.

Ganjar meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Purwomartani yang akan dibuka sementara untuk arus mudik lebaran. Foto: Ist

Usai melakukan pengecekan, Ganjar mengatakan bahwa jalur yang akan difungsikan sebagai jalur fungsional mudik sudah dikerjakan dengan baik. Ia meyakini, jalur itu akan sangat membantu mengurai kemacetan saat arus mudik berlangsung.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Bus Jabodetabek ke Eks Karesidenan Pati untuk Mudik 2023, Tembus Rp560 Ribu

“Tapi karena jalurnya masih sementara, maka kepada para pemudik yang nanti lewat jalur ini jangan ngebut. Sebab jalurnya belum beres,” kata Ganjar.

Ia mengimbau pada pemudik agar berhati-hati saat berkendara. Jika merasa lelah, sebaiknya beristirahat dan tidak memaksakan melanjutkan perjalanan.

“Tadi dari pengelola mau pasang rambu-rambu sementara. Tolo-tolo namanya, pakai bambu dicor kemudian dipasang tali. Saya minta agar itu benar-benar diperhatikan agar perjalanan pemudik bisa lancar,” jelasnya.

Ganjar juga memperhatikan exit jalur fungsional yang nantinya akan melewati jalan desa. Ia meminta sosialisasi kepada warga desa supaya tidak terganggu dengan padatnya kendaraan pemudik yang melintas.

Baca juga: Ganjar Imbau Pemudik Manfaatkan Transportasi Publik Saat Mudik Lebaran

“Karena exitnya sementara lewat desa, saya minta disosialisasikan. Kepada RT, RW, Kades agar semua tahu bahwa nanti akan banyak kendaraan berseliweran di desanya. Saya juga mohon bantuan warga, yuk kita bantu ikut mengatur arus lalulintas, agar perjalanan saudara kita jadi lancar,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Purwomartani akan dijadikan jalur fungsional mudik lebaran tahun ini. Sepanjang 6 km jalur itu akan difungsikan secara gratis mulai H-7 hingga H+7 lebaran. Jalur akan difungsikan pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB, setiap hari.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER