31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Inilah Berbagai Keunggulan Batik Pati yang Kini Tembus Pasar Mancanegara

BETANEWS.ID, PATI – Perkembangan batik di Kabupaten Pati semakin menjanjikan. Pengrajin batik di daerah ini yang tumbuh signifikan, berbanding lurus dengan permintaan batik yang semakin membaik.

Batik khas Pati, kini bahkan telah menembus pasar internasional. Dengan motif kekinian, belakangan banyak anak muda di mancanegara yang tertarik dengan batik khas Pati. Di antara batik yang kini masuk mancanegara tersebut adalah produk Yuliati Warno asal Langgenharjo, Kecamatan Juwana, Pati.

Karyawan Batik Yuliati Warno sedang mewarnai batik. Foto: Kholistiono

Tamzis Al Anas, Owner Batik Yuliati Warno mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk berinovasi, sehingga batik menjangkau semua kalangan, khususnya anak muda, di antaranya adalah motif yang dibuat juga mengikuti lebih milenial.

Baca juga: Tampil Elegan dengan Songkok Batik Pesisiran Khas Pati yang Laris Manis Diburu Jelang Lebaran

“Belakangan, pasar kami memang tidak hanya di lokal saja, tapi sudah menembus pasar mancanegara. Ada yang sudah kami ekspor ke Belanda hingga Jerman,” ujar Tamzis.

Selain motif batik yang kekinian, menurutnya bahan pewarna alami dari indigo stobilanthes yang digunakan juga turut memengaruhi minat dari pelanggan. Sebab, untuk pangsa pasar internasional menurutnya bahan pewarna sangat memengaruhi.

Sedangkan untuk harga, ia menyebut, untuk satu potongnya di kisaran Rp300 ribu hingga Rp3 juta. Hal itu tergantung kerumitan motif dan lamanya proses pembuatan.

Baca juga: Iskandartext Punya Batik Printing yang Kualitasnya Jempolan, Harganya Ramah Kantong

“Untuk pemasaran, kami juga bekerja sama dengan akademisi serta KBRI Belanda maupun Jerman. Ternyata, respon di sana cukup menggembirakan. Banyak anak-anak muda yang suka dengan produk batik buatan kita,” ungkapnya.

Menurutnya, selain Eropa, pemasaran batik khas Pati katanya juga banyak diminati di negara-negara Asia, di antaranya, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan China.

Ia optimis, ke depan batik khas Pati akan semakin mendunia. Untuk itu, dirinya berupaya untuk terus melakukan inovasi. Baik hal itu terkait motif batik hingga pemasaran.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER