31 C
Kudus
Kamis, Februari 29, 2024

Meski Harga Naik, Penjual Bunga di Proliman Kaliputu Tetap Kebanjiran Pembeli untuk Nyadran

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah orang berbondong-bondong memadati toko bunga yang berada di Proliman Kaliputu Kudus, guna untuk ziarah kubur ke makam sana saudaranya. Terlihat satu di antara banyaknya toko bunga di sana tampak ramai dikerubuti pembeli, hingga penjual tidak terlihat dari kejauhan.

Toko tersebut adalah toko bunga Kidul Pisan yang menyediakan berbagai macam bunga, mulai dari bunga mawar, melati, krisan, kenanga, hingga sedap malam. Menurut pemilik toko Bunga Kidul Pisan, Ardian Rahmad Hidayat, tahun ini penjualan bunga pada momen menjelang Ramadan sangat bagus hingga ada peningkatan sekitar 50 persen.

“Saat ini antusiasme masyarakat yang membeli bunga sangatlah bagus sekali, dibandingkan tahun sebelumnya,” beber Ardian kepada Betanews.id, Rabu (22/3/2023).

Baca juga: Jelang Ramadan, Makam Kiai Soleh Darat di Semarang Ramai Peziarah

Di saat momen seperti ini, kata Ardian, harga bunga meningkat menjadi Rp15 ribu untuk bunga tabur berukuran kecil, dari harga normal sebelumnya Rp8 ribu. Sedangkan untuk bunga tabur yang berukuran lebih besar Rp35 ribu. Kenaikan harga tersebut sudah mulai dari tiga hari yang lalu, lantaran bunga sudah naik dari tempat belinya.

“Saat ini banyak yang membeli bunga tabur karena kebutuhannya kebanyakan untuk berziarah,” terangnya.

Dalam satu hari, ia bisa menghabiskan bunga tabur sebanyak 20 legok senik atau bisa dijadikan 200 sampai 300 senik berukuran kecil. Para pembeli itu tak hanya datang dari Kudus saja, karena ada yang dari Pati, Demak, dan Jepara.

Baca juga: Berkah Tradisi Nyadran, Lek Ju Bisa Kantongi Rp3 Juta Sehari dari Jualan Bunga

Salah satu pembeli, Nurul Jannah mengaku sengaja datang membeli bunga tabur di sana, meski di daerahmya ada yang menjual. Menurutnya, barang yang dijual ada banyak varian dan harga lebih ekonomis.

“Harganya lebih murah di sini, makanya ini saya sengaja ke sini. Biasanya kalau setiap Kamis nitip saudara yang biasa perjalanan ke Kudus. Tapi saat ini memang saya sengaja datang ke sini karena pengen memilih bunga sesuai pilihan,” tutur warga Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara tersebut.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER