31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Berkah Tradisi Nyadran, Lek Ju Bisa Kantongi Rp3 Juta Sehari dari Jualan Bunga

Sejak pagi (21/3/2023) pukul 4.00 WIB, Jumadi, atau lebih akrab disapa Lek Ju, sudah sibuk dan bersemangat menata bunga-bunga yang akan ia jual di lapak. Setiap hari dirinya berjualan bunga depan Pasar Bintaro, Jalan Sultan Fatah, Kabupaten Demak. Apalagi menjelang Ramadan seperti ini, dirinya bertambah semangat, karena banyak orang akan membeli bunga untuk berziarah.

Lek Ju menjual berbagai macam bunga tabur untuk keperluan ziarah. Bunga yang ia jual antara lain mawar, melati, krisan, dan lain-lain. Menurutnya penjualan bunga miliknya meningkat tinggi, sejak sebulan menjelang Ramadan.

Baca juga: Ziarah ke Sultan Fatah, Esti Ingin Demak Kembali Jaya dan Tak Dipandang Sebelah Mata

Tradisi berziarah ke makam keluarga yang telah meninggal, telah menjadi budaya masyakarat di Demak. Banyak yang menyebut, tradisi ini dengan istilah nyadran. Menjelang datangnya Ramadan, masyarakat Muslim di Demak biasanya datang ke makam keluarganya untuk berziarah. Saat akan berziarah, masyarakat akan membeli bunga, untuk ditabur di atas makam.

“Sudah ramai sebulan yang lalu, kalau hari ini belum tau dapat omzet berapa. Kalau kemarin Rp 3 juta ada,” kata Lek Ju, warga asli Kampung Domenggalan, Kabupaten Demak.

Harga bunga yang ia jual beraneka macam, mulai dari harga Rp 5 ribu hingga yang paling mahal Rp 200 ribu. Setiap hari, ia bisa menghabiskan delapan ikat bunga yang didapatkan dari Bandungan Kabupaten Semarang.

“Ini bisa habis delapan ikat macam-macam bunga. Kalau ramai seperti ini ya bisa jualan sampai besok pagi puasa hari pertama,” imbuhnya.

Baca juga: Gebyuran Bustaman, Tradisi Unik Jelang Ramadan, Syaratnya Tak Boleh Marah

Menjadi penjual bunga telah dilakukan Lek Ju sejak lama. Bahkan, pekerjaan ini dia warisi dari keluarganya. Berkat usahanya itu, ia bisa menghidupi keluarganya.

“Sekarang sudah generasi ketiga. Saya tidak sendiri, saya juga dibantu istri dan adik berjualan di sini,” katanya.

Editor: Suwoko

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER