31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Masjid Sheikh Zayed Jadi Destinasi Wisata Religi Baru di Solo, Setiap Hari Dipadati Ribuan Warga

BETANEWS.ID, SOLO – Ribuan orang silih berganti berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Sabtu (4/3/2023). Menjelang waktu salat zuhur, masjid semakin ramai wisatawan. Bahkan, di  bagian parkir juga penuh dengan kendaraan yang didominasi pelat nomor luar kota.

Masuk ke dalam, para pengunjung itu terlihat bergerombol di beberapa bagian masjid. Sebagian ada juga yang berkeliling masjid untuk berfoto di spot-spot menarik. Tak sedikit pula yang menjalankan salat sunah sembari menunggu waktu salat zuhur tiba.

Masjid Syeikh Zayed Solo ramai dikunjungi warga sejak dibuka 1 Maret lalu. Foto: Khalim Mahfur

Sejak dibuka untuk umum pada 1 Maret lalu, Masjid Raya Sheikh Zayed memang jadi magnet bagi Kota Solo untuk menarik wisatawan. Bahkan menurut pengurus masjid, setiap hari ada ribuan warga yang berkunjung.

-Advertisement-

Baca juga: Salat Jumat Perdana di Masjid Sheikh Zayed Solo Dibanjiri Jemaah, Sampai Desak-desakan

Salah satu pengunjung, Idatul Ilmiyah (47) mengaku sangat takjub ketika ia melangkahkan kakinya ke dalam Masjid Sheikh Zayed Solo. Tak henti-hentinya kalimat tasbih ia ucapkan ketika masuk dan menuju ke beberapa bagian masjid.

“Ini namanya tadabur alam yang sangat nuansa arab, yang sangat spektakuler bagi saya, menakjubkan sekali bangunannya. Bagus sekali. Saya tadi masuk ke sini, subhanallah kita belum pernah ke Makkah tapi lihat sini sudah langsung hatinya itu terenyuh,” kata warga Gresik itu.

Dirinya berkunjung ke Solo bersama dengan rombongan dari salah satu kelurahan yang ada di Gresik. Ida yang berprofesi sebagai guru di sebuah SD mengaku izin kepada Kepala Sekolahnya untuk tidak mengajar dan ikut suaminya untuk berwisata realigi di beberapa lokasi.

“Kemarin kami tahu ini buka dari pak RW-nya, kebetulan sudah kunjungan ke sini. Jadi kami berani tidak mengajar, izin kepala sekolah ingin mengetahui nuansa yang ada di sini,” bebernya.

Menurut Ida, fasilitas yang tersedia di Masjid Sheikh Zayed sudah cukup lengkap dan bagus. Namun, ia menyayangkan banyak pengunjung yang lebih mementingkan foto-foto dibandingkan beribadah.

Dirinya berharap, ada pengurus yang menertibkan pengunjung saat mendekati waktu salat. Sebab, menurutnya ibadah lebih penting dibandingkan dengan berfoto-foto saat waktu salat sudah tiba.

Baca juga: Pemkot Solo Sediakan Shuttle Bus untuk Pengunjung Masjid Sheikh Zayed dari Luar Kota

Pengunjung lain asal Kendal, Mohammad (63), bahkan ikut rombongan dari desanya di Dramojo sebanyak 5 mobil untuk ke Masjid Sheikh Zayed Solo.

“Kemarin tahu dari TV terus penasaran. Saat ke sini ya sangat memuaskan tapi juga ada kekurangan seperti jalan, parkiran. Cuma karena ini masih baru ya, nggak papa,” kata dia.

“Bangunannya ya memuaskan jika dibandingkan dengan yang lain. Apalagi kalau sudah jadi semuanya nanti,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER