31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Kaesang Masuk 5 Kandidat Teratas Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

BETANEWS.ID, SOLO – Kaesang Pangarep masuk lima kandidat teratas calon Wali Kota Solo selanjutnya jika Gibran Rakabuming Raka memutuskan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo ini bahkan bertengger di dua teratas dalam survei yang digelar oleh Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Ketua Prodi MAP Unisri, Suwardi, menjelaskan, survei pada 15-25 Februari 2023 itu melibatkan 560 koresponden dengan instrumen data kuesioner tertutup dan wawancara langsung di 56 titik lokasi di Kota Solo.

Jumpa pers rilis survei karir politik Gibran oleh Unisri Solo. Foto: Khalim Mahfur

Dalam survei itu, posisi teras diduduki Teguh Prakosa dengan 17 persen. Sedangkan Kaesang mendapatkan 5 persen. Selebihnya ada nama Budi Prasetyo Ketua DPRD Kota Solo, Achmad Purnomo mantan Wakil Wali Kota Solo, dan Ahyani, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo. Menurutnya, angka persen yang kecil itu lantaran 75 persen responden belum punya pikiran untuk memilih pemimpin baru di 2024.

-Advertisement-

Baca juga: Survei Unisri: Warga Solo Lebih Rela Gibran Maju ke Pilgub Jateng Ketimbang Jakarta

Suwardi menegaskan, dalam survei tersebut pihaknya tidak mengajukan nama-nama tersebut. Top mind ini merupakan nama yang muncul orisinal dari jawaban masyarakat.

“Pak Teguh cocok menggantikan Mas Gibran. Ini kan sebesar 48 persen yang mengatakan cocok. Ketika kita coba minta siapa, Pak Teguh ini tingkat kecocokannya menjadi 17 persen. Kemudian muncul nama Pak Budi, Ahyani, Kaesang dan Purnomo. Tetapi yang layak menggantikan Gibran tidak seperti itu. Sebab pilkada 2024 ini masih lama,” katanya.

Namun, dari data survei itu juga mengindikasikan bahwa standar masyarakat yang tinggi terhadap pemimpin daerahnya membuat mereka banyak yang belum memiliki alternatif.

“Sehingga, tingkat jawaban belum tahu sampai 75 persen. Ini tinggi. Sehingga ketika wacana ini bergulir ke masyarakat dan kemudian dibicarakan di tongkrongan hik dan sudut kampung, kita berusaha terlibat dalam proses ini dengan menggelar survei lagi,” ujarnya.

Baca juga: Kaesang Berminat Terjun ke Politik, Gibran Tak Masalah Dianggap Dinasti Politik

Menurutnya lagi, faktor nama Kaesang muncul dalam top mind dikarenakan faktor elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo itu yang juga dipengaruhi popularitas.

“Popularitas Kaesang itu diriset kita empat tahun lalu, di bulan juni 2019, ketika kita menemukan nama Gibran Rakabuming Raka, tokoh muda yang akan menjadi wali kota berikutnya, dan ternyata ini betul. Maka ketika itu kita juga menemukan nama Kaesang dengan popularitas di angka 86 persen. Ini angka popularitasnya,” kata dia.

“Apalagi di bulan desember kemarin Mas Kaesang nikah seperti itu. Kira2 berapa angka popularitasnya, kalau di 2019 ada 86 persen, kalau di 2023 ini berapa?” lanjutnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER