31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKUDUSTradisi Dandangan Dipastikan...

Tradisi Dandangan Dipastikan Digelar Tahun Ini

BETANEWS.ID, KUDUS – Setelah dua tahun vakum karena pandemi, Tradisi Dandangan tahun ini akan kembali digelar. Kepastian tersebut dikatakan langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo.

“Insy Allah tradisi Dandangan tahun ini diselenggarakan kembali,” ujar orang nomor satu di Kudus tersebut kepada awak media, Jumat (20/1/2023).

Hartopo mengungkapkan, dengan digelarnya lagi Dandangan, diharapkan mampu jadi ajang untuk memberdayakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMK) di Kudus. Sebab, gelaran Dandangan akan diikuti ratusan pelaku UMKM di Kudus.

Baca juga: Dua Tahun Vakum Karena Pandemi Covid, Bagaimana Nasib Gelaran Tradisi Dandangan Tahun Ini?

“Nantinya Dandangan kita maksimalkan untuk UMKM milik masyarakat Kudus. UMKM lain daerah sebagai pelengkap yang di Kudus tidak ada,” bebernya.

Namun begitu, kata dia, penentuan UMKM lain daerah yang bisa ikut dalam gelaran Dandangan nantinya harus selektif. Sementara untuk persentase antara UMKM lokal Kudus dan lain daerah yakni 80 persen banding 20 persen.

“Dandangan kita prioritaskan untuk UMKM lokal. Sebagai upaya kebangkitan ekonomi paska pandemi,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, renncana digelarnya Tradisi Dandangan tahun ini mulai dibahas oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Kudus bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya dan desa/kelurahan yang terlibat, Kamis (19/1/2023).

Jika disetujui oleh Bupati Kudus, ada peningkatan jumlah UMKM yang akan terlibat dalam Tradisi Dandangan tahun ini, dibanding gelaran sebelumnya.

“Jika tahun-tahun sebelumnya dulu jumlah yang terlibat di Dandangan itu ada 400 UMKM. Di tahun ini ada penambahan jadi 600 UMKM,” ujar pria yang akarab disapa Imam kepada awak media, Kamis (19/1/2023).

Penambahan stand tersebut, kata dia, atas permintaan Bupati dan para pelaku UMKM. Sebab, kata dia, peminat para pelaku UMKM untuk ikut menjajakan dagangannya di tradisi Dandangan sangat tinggi sekali.

Baca juga: Jika Jadi Diselenggarakan, Dandangan Tahun Ini Akan Libatkan 600 UMKM

“Peminatnya dari UMKM sangat tinggi sekali. Oleh karenanya kita adakan penambahan stand agar bisa lebih banyak menampung para pelaku UMKM,” bebernya.

Dari jumlah 600 UMKM yang dilibatkan, tuturnya, hanya 150 yang dari luar Kudus. Sementara sisanya adalah UMKM lokal Kudus. Menurutnya, kuota UMKM yang dari luar Kudus sama dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dulu itu jumlah UMKM yang terlibat di Dandangan ada 400, dengan pembanguan 250 UMKM lokal dan 150 dari luar Kudus. Jadi memang yang ada penambahan itu untuk UMKM lokal Kudus, karena memang kami prioritaskan,” jelasnya.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler