31 C
Kudus
Selasa, Juni 18, 2024

Meski Hanya Lulusan SD, Niat Iwan Naikkan Derajat Keluarga Lewat Usaha Kuliner Tak Pantang Surut

BETANEWS.ID, KUDUS – Iwan Budi Harjo (35) tampak sibuk memasak menu pilihan pembeli di kedai Markas Chinese Food miliknya di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Mlati Lor, Kecamatan/Kabupaten Kudus. Dengan bersenjatakan wajan besar dan spatula, ia tampak cukup lihai membuat berbagai hidangan khas Tiongkok yang terlihat begitu menggoda.

Kedai itu kini memang jadi jalan satu-satunya menghidupi keluarganya. Makanya mau tak mau ia harus memberikan yang terbaik kepada setiap pembeli yang mampir di usaha yang baru buka awal Januari 2023 lalu.

Iwan sedang memasak menu pesanan pembeli di Markas Chinese Food miliknya. Foto: Kaerul Umam

Bagi Iwan, Chinese Food merupakan teman sehari-harinya selama 17 tahun ini karena ia lama bekerja di usaha tersebut. Di kerjaan yang ia rintis sejak 2006 itu, ia bahkan tak langsung bisa memasak karena harus memulai dari bawah yakni pencuci piring dan perabotan lain.

-Advertisement-

Baca juga: Baru 3 Pekan Buka, Chinese Food Halal Jualan Iwan Laris Manis Karena Ramah Kantong Orang Kudus

“Bekerja di warung chinese food sebenarnya ada tahapannya. Jadi tidak bisa langsung menjadi koki. Saya mulai itu dari tukang cuci piring di salah satu warung chinese food yang ada di Kudus,” beber Iwan saat ditemui di warungnya, Kamis (26/1/2023).

Selama kurun waktu itu, Iwan pindah kedai selama empat kali hingga akhirnya merasa punya ilmu yang cukup untuk buka usaha sendiri. Dari situ, pria yang hanya lulus Sekolah dasar (SD) itu nekat membuka kedai chinese food sendiri di Kudus dengan modal sekitar Rp25 juta sampai Rp30 juta termasuk menyewa tempat.

Menurutnya, banyak pelanggannya yang ikut pindah berlangganan kepadanya seusai membuka warung sendiri. Mereka ingin menikmati masakan Iwan yang di antaranya nasi goreng (nasgor) ayam, kwetiaw goreng ayam, mi gorengan ayam, bihun gorengan ayam, cap cay gorengan/kuah, aneka bistik (sapi, ayam, dan kerbau).

Baca juga: Ubah Hobi Jadi Peluang Bisnis, Kisah Linda Rintis Usaha Camilan Kekinian Melted Banana

“Harga mulai dari Rp13 ribu sampai Rp30 ribu. Dalam sehari bisa menjual antara 30-50 porsi. Alhamdulillah responnya bagus,” bebernya di kedai yang buka setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB itu.

“Untuk prospek sejauh ini bagus.Harapannya sih usaha bisa semakin maju, laris, dan lancar,” tutur warga Desa Burikan, Kecamatan/Kabupaten Kudus tersebut.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER