31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Kisah 2 Warga Miskin di Banyumas yang Akhirnya Punya Rumah Bagus Berkat Ganjar

BETANEWS.ID, BANYUMAS – Jemisah (75) dan Sumarno (49) kini bisa bernapas lega karena telah menempati rumah sehat layak huni bantuan dari Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sehari-hari, untuk menyukupi kebutuhan hidupnya, Jemisah yang memiliki keterbatasan penglihatan itu bekerja sebagai buruh tani. Sedangkan Sumarno, adalah seorang pencari kroto untuk makanan burung.

Jemisah menceritakan, dulu rumahnya tidak layak huni dan sangat memprihatinkan. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Tiang-tiang penyangga bahkan rawan roboh. Kondisi itu membuatnya tidak tenang saat tidur. Di rumah itu, ia tinggal bersama anak, menantu dan cucunya.

Sumarno sudah menempati rumahnya yang dibangun dari bantuan RTLH dari Pemprov Jateng. Foto: Ist

“Suami sudah meninggal. Saya ikut anak perempuan saya kerja jaga toko dan menantu saya kerja buruh tani,” katanya, Jumat (13/1/2023).

Baca juga: Ganjar Akan Bangun 15 Ribu Rumah untuk Warga Miskin di 2023, Setiap Rumah Dapat Rp20 Juta

Namun, kondisi itu berubah setelah politikus berambut putih menyambangi rumahnya, April 2022 lalu. Ganjar memberikan bantuan renovasi rumah senilai Rp20 juta. Setelah direnovasi, rumahnya pun layak huni dan kini bisa tidur lebih tenang.

“Rumah saya jadi baik berkat bantuan Pak Ganjar. Saya bertemu dengan Pak Ganjar. Terima kasih Pak Ganjar,” lanjut dia.

Hal senada juga dikatakan Sumarno. Baginya, kedatangan Ganjar mebuat dirinya seolah ketiban rezeki tidak terduga. Sudah bertahun-tahu Sumarno bermimpi bisa merenovasi rumahnya. Impian itu baru terwujud setelah mendapat bantuan dari Gubernur Jateng dua periode itu.

Baca juga: Program Rumah DP 0 Ganjar Sukses Bantu Ratusan Warga Jateng Punya Hunian

Ia menceritakan, dulu rumahnya terbuat dari papan kayu yang sudah rapuh karena dimakan rayap. Ditambah lagi, tanahnya juga bergeser. Lebih parah lagi saat musim hujan datang.

Menurut Sumarno, tidak sedikit hewan berbisa seperti kalajengking yang masuk ke rumahnya. Sedangkan istri Sumarno, Sangidah menambahkan, kini rumahnya sudah jauh lebih baik. Dulu kamar di rumahnya hanya satu, saat ini ada dua kamar ditambah lagi sebuah tempat salat. Dinding yang bolong pun sudah tak ada lagi.

Alhamdulillah sekali, berkat bantuan Pak Ganjar sekarang rumah saya jadi nyaman. Punya tempat salat. Sekarang rumah jadi lebih sehat. Terima kasih Pak Ganjar,” ucap dia.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER