31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Jelang Imlek, Pengrajin Barongsai di Semarang Alami Peningkatan Pesanan Sampai 60 Persen

BETANEWS.ID, SEMARANG – Seorang pria terlihat sedang mengecat bagian kepala barongsai di halaman sebuah rumah di Jalan Hiri III No.6, Kelurahan Karangtempel, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. Setelah selesai, ia meletakkannya di sebuah tempat untuk proses pengeringan. Sambil menunggu, ia tampak mengerjakan bagian lain dari barongsai itu.

Di hari-hari menjelang Imlek, pria bernama Candra Wiroutomo (36) itu memang disibukkan dengan pembuatan barongsai. Bahkan setelah pandemi mereda ini, pesanannya meningkat pesat hingga mencapai 60 persen.

Karyawan Wong Wihong sedang mengecat kepala barongsai. Foto: Kartika Wulandari

Untuk menyelesaikan pesanan itu, kini dirinya mempekerjakan empat orang. Untuk yang stanby dalam pembuatan dari merangkai sampai selesai ada dua orang.

Baca juga: Parade Barongsai Akan Meriahkan Perayaan Imlek di Solo, Ini Rutenya

“Rata-rata (omzetnya) belum pernah dihitung secara pasti, tapi kemungkinan per bulan di angka Rp20 juta sampai Rp30 juta,” bebernya saat ditemui, Sabtu (14/1/2023).

Pria yang akrab dipanggil Wong Wihong itu sudah belajar buat barongsai sejak kecil, lantaran orang tuanya juga punya profesi yangs ama. Ia baru memberanikan diri membuka usaha sendiri pada 2015.

“Sejak kecil sudah bantuiin orang tua, sejak kecil melihat caranya gimana, jadi saya meneruskan usaha orang tua, dan berkembang sampai sekarang,” katanya.

Untuk bahan baku, Wihong menggunakan rotan karena lebih lentur dan pengerjaanya lebih mudah daripada pakai bambu. Untuk bentuk, ia biasanya menyesuaikan rikues pemesan. Seperti di Imlek tahun ini shionya kelinci, jadi pesanan replika kepala kelinci melonjak. Untuk harganya pun beragam, mulai dari Rp3 juta sampai Rp6 juta untuk barongsai, dan Rp9 juga untuk naga.

Baca juga: Catat! Malam Tahun Baru Imlek di Solo Akan Dimeriahkan Pesta Kembang Api Selama 30 Menit

“Bentuk kepala bisa sesuai permintaan, tapi biasanya menyesuaikan shionya. Seperti di imlek tahun ini shionya kelinci. Jadi pesanan replika kepala kelinci melonjak,” ucapnya.

Menurutnya, pesanan terbanyak masih dari Pulau Jawa, meski ia juga tak jarang mengirim Sulawesi, Sumatera, NTB, NTT dan Kepulau Riau.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER