31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

Bisnis Travel Umrah Terdampak Pandemi, Ani Banting Stir Jualan Keripik Pisang Kekinian

BETANEWS.ID, JEPARA – Usaha travel yang melayani perjalanan umrah terdampak Covid-19. Hal itu membuat Sumarni (63) banting setir jualan keripik pisang.

Ani, sapaan akrabnya mengatakan, dirinya merintis usaha keripik pisang dengan brand Banana Ichipps sejak tahun 2020 dibantu oleh anaknya. Ia menyebut, ide jualan keripik pisang berasal dari saran sang anak dan teman-temannya.

Awalnya, ketika Ani bersepeda bersama teman-temannya, ia melihat seorang ibu yang menjual satu tundun pisang yang ditawar murah. Karena kasian, ia lantas membeli semua pisang tersebut.

-Advertisement-

Baca juga: Krispi Pisang, Camilan Krenyes yang Punya Pelanggan di Berbagai Daerah

Sampai di rumah, ia kebingungan mengolah pisang yang jumlahnya cukup banyak itu. Di tengah kebingungannya, ia kemudian mengolah pisang menjadi keripik dan dibagikan kepada keluarga serta temannya.

“Sebetulnya tidak sengaja, pas saya sepedaan lihat ibu-ibu jualan pisang tapi ditawar murah, kasihan saya beli. Sampai rumah bingung dimasak apa, saya bikin saja keripik, lalu saya bagikan ke teman. Semua bilang enak, kenapa tidak dijual. Iya juga akhirnya saya jualan saja,” jelasnya.

Masih kata Ani, awalnya keripik pisang hanya dikemas plastik zip polos dengan satu rasa. Karena keripik pisang buatannya banyak disukai pelanggan, sang anak kemudian memberikan saran untuk menambah varian rasa. Selain itu, ia juga mengkonsep keripik pisang buatannya menjadi camilan sehat.

Untuk keripiknya ia menggunakan gula Stevia 0 kalori yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes ataupun yang sedang program diet. Selain itu, kualitas rasa dan bahan diperhatikan betul olehnya.

“Anak saya yang bantuin untuk marketingnya, saya bagian produksi. Jadi yang online itu anak saya. Untuk varian rasa ada empat, salty sweet (original), choco delfi, milky vanilla dan special cheese,” sambungnya.

Ani menuturkan, desain kemasan keripik Banana Ichipps tidak sekedar desain kemasan agar menarik. Melainkan ia dan sang anak mencantumkan beberapa ciri khas Kota Jepara. Pada kemasan tersebut terdapat gambar patung tiga putri, gambar RA Kartini, hingga kain tenun Troso.

Baca juga: Bermodal Rp50 Ribu, Mahasiswi Klaten Ini Punya Omzet hingga Rp5 Juta Sebulan dari Keripik Pisang

Kini usaha keripik pisang Ani sudah memiliki banyak pelanggan di berbagai kota di Indonesia, bahkan sampai luar negeri. Setiap bulannya, Ani bisa menjual 100 sampai 500 pcs keripik pisang Banana Ichipps.

“Selain jadi camilan sehat, saya ingin mengangkat potensi lokal kota Jepara melalui kulinernya. Sehingga keripik ini bisa menjadi makanan khas dari Jepara yang identik. Serta tidak cuma jadi produk UMKM tapi bisa jadi produk yang diterima semu kalangan,” tandasnya.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER